Ekonomi

Kendala SMK Belum Mengunakan Pendidikan dengan Benar

14 September 2017   10:17 Diperbarui: 14 September 2017   10:19 1228 1 1
Kendala SMK Belum Mengunakan Pendidikan dengan Benar
koleksi pribadi

Pendidikan sistem ganda (dualsystem) akan sulit terjadi karena kondisi yang  sering terjadi adalah lulusan SMK  menunjukkan belum mempunyai kesiapan kerja yang berarti kompetensi bertindak lulusan SMK belum ada, mengapa ini terjadi ?

Kondisi ketidaksiapan lulusan SMK karena ada kendala yang dihadapi oleh SMK dalam upaya melaksanakan pendidikan sistem ganda untuk menghasilkan  peningkatan kompetensi dan kesiapan kerja peserta siswa lulusan SMK.

Kendala yang terjadi,   pertama kendala dari sekolah yang terdiri atas kurikulum yang belum disesuaikan dengan industri yang ada, pengaturan waktu belajar dan waktu praktek kerja (terlalu singkat), dan rendahnya motivasi siswa didalam bekerja praktek karena tidak ada persiapan didalam budaya kerja yang benar sebagai bekal siswa kerja praktek, Kedua kendala dari mitra dunia usaha/industri DUDI yang belum bisa memahami untuk menerima siswa kerja praktek sebagai peluang bagi DUDI didalam pengembangan karyawan untuk persaingan DUDI mencapai era Global dan masih dianggap beban bagi produksinya

Mengatasi kendala-kendala tersebut diperlukan upaya yang lebih dari SMK yang berarti upaya kepala sekolah sebagai pimpinan dan guru-guru sebagai pendidik didalam mensukseskan pola pendidikan sistem ganda, upaya tersebut dapat diwujudkan pada pembentukan kelompok mitra (pokmi) SMK-DUDI. Bagaimana membentuk pokmi adalah harus ada koordinasi antara SMK, Kadin dan pemerintah daerah, upaya ini  harus dilakukan SMK dalam mengatasi kendala tersebut pemberian motivasi melalui berbagai kegiatan serta mencari mitra dunia usaha/industri yang sesuai dengan tujuan program.

Pendidikan kejuruan sistem ganda (dual system) merupakan suatu metode untuk mengembangkan kompetensi bertindak dan sikap-sikap bekerja yang diharapkan oleh DUDI. Dunia pendidikan kejuruan harus memiliki peran besar untuk ikut berpartisipasi mengatasi masalah ketenagakerjaan yang ada seperti masalah pengangguran. Pendidikan sistem ganda (dual system) dapat berperan menyumbang calon tenaga yang mempunyai kompetensi bertindak. Jangan sampai lulusan SMK yang banyak menambah angka pengangguran. Menjawab permasalahan tersebut pendidikan sistem ganda (dual system) harus diterapkan dengan benar pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan menjadi salah satu jalan keluar dalam menyiapkan sumber daya manusia yang potensial.