Mohon tunggu...
Safrilla Saronto
Safrilla Saronto Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswi

Hai! Selamat bergabung di halaman saya semoga dapat membantu ya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN 07 Unsika: Pembinaan Perilaku Sosial Sehat di Wilayah Lingkungan Pondok Pesantren Nihayatul Amal Rawamerta Karawang

2 Desember 2021   08:00 Diperbarui: 2 Desember 2021   09:24 97 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kelompok Kuliah Kerja Nyata KKN 07 Universitas Singaperbangsa Karawang bekerja sama dengan Pondok Pesantren Nihayatul Amal Rawamerta Karawang dalam melaksanakan program pembinaan perilaku sosial santri yang baik, guna menciptakan lingkungan sosial yang sehat di pondok pesantren.

Pembinaan ini dilakukan terhitung sejak tanggal 17 Oktober-14 November 2021. Adapun untuk kelompok KKN 07 didamping oleh Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Taufik Musthofa, S.Pd.I. M.Pd.I. Dalam penyusunan program KKN dibantu oleh ketua kelompok KKN 07 Yogananda menjelaskan bahwa program ini dibuat untuk membantu para santri agar mengenali bagaimana perilaku sosial yang baik, agar dapat menjalankan aktivitas sosial yang baik. Karena saat ini banyak sekali fenomena-fenomena Bullying, Senioritas, dan sejenisnya yang dimana membuat mereka semua jauh dari lingkungan sosial yang sehat.

Dalam menjalankan program tersebut KKN 07 menggunakan metode pendekatan dengan cara pembinaan dan penyampaian materi. Terlebih dahulu materi disampaikan oleh Yogananda dan Lilim Mutoharoh dengan menyampaikan beberapa informasi mengenai Lingkungan Sosial yang Sehat. Penyampaian materi tersebut menjadi salah satu ajang penyuluhan kepada para santri agar mereka paham mengenai cara menciptakan lingkungan sosial yang baik dan sehat.

Setelah materi tersampaikan maka ditindak lanjuti dengan kegiatan pembinaan dalam sistem mentoring. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 kelompok dengan masing-masing kelompok yang berisikan 3 mentor dan 3 santri. Penyampaian materi dan menoring ini dilakukan dalam kurun waktu 2 minggu dengan 2 kali pertemuan guna untuk memastikan apakah santri tersebut melakukan interaksi yang baik atau tidak dengan teman-temannya serta untuk mengetahui bagaimana para santri melakukan brand image dengan orang baru.

Selain itu pemahaman santri mengenai lingkungan sosial yang sehat juga dituangkan dalam bentuk pembuatan poster dengan tema "Social Health" dan poster ini dibuat pada tiap-tiap kelompok mentoring. Kegiatan ini dilakukan sebagai bukti bahwa para santri sudah memahami mengenai materi terkait perilaku sosial (bullying senioritas) yang sudah disampaikan.

Dipenghujung acara, Anggota KKN 07 melaksanakan program terakhirnya yaitu seminar. Yang mana seminar ini diadakan secara langsung dan bertemakan "Habluminannas" yang disampaikan oleh Alif Saepudin S.Pd. sebagai narasumber. Seminar ini dilakukan bertujuan untuk menguatkan pemahaman para santri mengenai interaksi sosial yang baik kegiatan seminar pun dilakakukan bersamaan dengan acara penutupan KKN 07 di Pondok Pesantren Nihayatul Amal Yang mana sebagai bukti terimakasih kepada Pihak Pondok Pesantren. mahasiswa KKN 07 memberikan Plakat kepada Pondok Pesantren Nihayatul Amal, baik untuk asrama putra maupun asrama putri 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan