juliawahab
juliawahab

Belajar hal baru setiap hari

Selanjutnya

Tutup

Budaya

Saatnya Mendekatkan Diri kepada Allah di Bulan Ramadan

16 Mei 2018   23:44 Diperbarui: 16 Mei 2018   23:52 449 0 0

Sesungguhnya Allah SWT mengkhususkan bulan Ramadhan di antara bulan-bulan lainnya sesuai dengan Firman Allah yang artinya:

"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu yang hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu. Dan barangsiapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain" (QS. Al-Baqarah [2]: 185).

Di dalam ayat tersebut Allah SWT menyebutkan dua keistimewaan bulan Ramadhan yaitu:

Keistimewaan pertama, diturunkannya Al-Qur'an di dalam bulan Ramadhan sebagai petunjuk bagi manusia dari kegelapan menuju cahaya.

Keistimewaan kedua, diwajibkannya berpuasa di bulan tersebut kepada umat Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, ketika Allah SWT memerintahkan hal tersebut dalam firman-Nya (yang artinya)," Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu" (QS. Al-Baqarah [2]: 185)

Karena keistimewaan tersebut maka sudah selayaknya kita memanfaatkan kelebihan bulan ramadhan untuk memperbanyak ibadah kepada Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya.

Ibadah apa saja yang seharusnya kita jadikan target untuk kita lakukan?

Shalat Tarawih

Shalat Tarawih merupakan Shlat yang dikerjakan setelah Shalat Isya dan dikerjakan dengan jumlah rakaat sebanyak 8 rakaat atau 20 rakaat.

Shalat Witir

Shalat Witir biasanya dikerjakan setelah shalat tarawih dan berjumlah 3 rakaat.

Memperbanyak Membaca Al Quran

Bulan puasa adalah saat kita berlatih untuk membaca Al Quran lebih banyak dari biasanya. Jika biasanya kita membaca Al Quran hanya 2 lembar per hari maka sebisa mungkin ditingkatkan menjadi 4 lembar per hari.

Membatasi Diri Menonton Tv

Sudah bukan rahasia lagi bahwa dengan menonton Tv akan memicu akan lebih banyaknya dosa dan maksiat kepada Allah. Misalnya dengan menonton Tv kita tanpa sengaja mendengar musik yang jelas haram, melihat aurat lawan jenis, melakukan perbuatan yang sia-sia, dan membuat kita melakukan ghibah (menggunjing orang lain) yang sangat dilarang oleh Allah SWT.

Memperbanyak melakukan perbuatan yang positif

Banyak perbuatan positif yang bisa kita lakukan misalnya dengan menghadiri pengajian agama, lebih aktif di kegiatan sosial, dan sebagainya.

Memperbanyak melakukan solat Sunah

Banyak sekali cara kita untuk menggali pahala apalagi pada bulan puasa misalnya lebih rajin solat dhuha, solat sunah sebelum dan sesudah solat fardhu, solat wudhu, dan sebagainya.

Lebih banyak berzikir kepada Allah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2