Mohon tunggu...
Safniyeti
Safniyeti Mohon Tunggu... Penjelajah kata

Aku adalah Aku. Kamu adalah Kamu. Tidak ada satu pun orang yang sama persis pencapaiannya.

Selanjutnya

Tutup

Thrkompasiana Pilihan

Hari Kebangkitan Nasional dan Indonesia Terserah, 2 Hal yang Berbeda

20 Mei 2020   23:45 Diperbarui: 20 Mei 2020   23:47 64 16 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hari Kebangkitan Nasional dan Indonesia Terserah, 2 Hal yang Berbeda
Ilustrasi. Hari Kebangkitan Nasional dan Indonesia Terserah, 2 Hal yang Berbeda (Sumber : Kompas.com dan Ruangobrol.id)

Hari Kebangkitan Nasional

Hari Kebangkitan Nasional atau disingkat Harkitnas merupakan momentum bangkitnya bangsa Indonesia dari para penjajah di abad 19-an. Tepatnya pada tanggal 20 Mei 1908, para pelajar Indonesia mendirikan organisasi yang kemudian diberi nama Budi Oetomo. 

Organisasi yang diketua oleh Soetomo dan digagas oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo tersebut menjadi organisasi pertama yang bergerak dibidang sosial, ekonomi, pendidikan, kebudayaan dan kemudian mulai bergeser kepolitik.

Organisasi ini turut serta memajukan dan meningkatkan derajat bangsa Indonesia melalui pendidikan dan kebudayaan dengan cara membiayai pendidikan bagi anak-anak yang cerdas namun kurang mampu, menghidupkan kembali seni dan budaya, memajukan sektor pertanian, peternakan, perindustrian hingga perdagangan.

Organisasi yang menjadi tonggak pertama perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan ini mampu menginisiasi munculnya organisasi lain yang kemudian memunculkan semangat bagi bangsa Indonesia untuk segera merebut kemerdekaan.

Hari ini, 20 Mei 2020, tepat 112 tahun yang lalu. Tanpa adanya Budi Oetomo, mungkin saja kita belum menikmati kemerdekaan yang hampir genap 75 tahun. Sebegitu hebat perjuangan para pahlawan hingga kita bisa menikmati kehidupan seperti saat ini, bebas tanpa penjajah.

Seharusnya semangat dan nasionalisme itu tetap bernaung disanubari. Namun tampaknya melawan penjajah lebih mudah dari pada melawan diri sendiri. 

Terbukti dari munculnya tagar "Indonesia Terserah" yang menjadi trending dipelbagai sosial media akhir-akhir ini. 

Indonesia Terserah

Indonesia Terserah merupakan luapan kekecewaan dari para tenaga medis yang berjuang mati-matian dalam memerangi Pandemi Covid-19. Merelakan waktu dan tenaga, meninggalkan anak dan istri/suami, bahkan mempertaruhkan nyawa sendiri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x