Mohon tunggu...
Safitri Lindawati
Safitri Lindawati Mohon Tunggu... Penulis - ingin membagi ilmu agar dapat bermanfaat

membagi ilmu adalah hal positif yang dapat dilakukan untuk membantu sesama manusia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tabungan dan Investasi

6 Desember 2021   21:12 Diperbarui: 6 Desember 2021   21:23 145 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dalam perekonomian suatu negara, tabungan dan investasi adalah indikator utama yang dapat mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi. 

Semakin baiknya tabungan dan investasi maka akan semakin tinggi tingkatan pertumbuhan, dan sebaliknya semakin buruk tabungan dan investasi maka akan semakin rendah tingakatan pertumbuhan pada ekonomi.

Dan ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tabungan dan investasi, sebelum kita membahas apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi tabungan dan investasi, kita harus memahami apa sih tabungan dan investasi itu ?

Tabungan merupakan suatu simpanan uang yang berasal dari pendapatan yang tidak digunakan untuk keperluan sehari-hari maupun kepentingan lainnya. Simpanan uang dapat digunakan dan diambil kapan saja tanpa terikat oleh perjanjian dan waktu. Sedangkan

Investasi adalah aktivitas menempatkan modal baik berupa uang atau aset berharga lainnya ke dalam suatu benda, lembaga, atau suatu pihak dengan harapan pemodal atau investor kelak akan mendapatkan keuntungan setelah kurun waktu tertentu.

Dan mari sekarang kita simak faktor faktor yang dapat mempengaruhi tabungan dan investasi.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TABUNGAN

Berikut adalah faktor-faktor mempengaruhi tabungan :

Pendapatan : Pendapatan adalah jumlah penghasilan yang diterima oleh penduduk atas prestasi kerjanya selama satu periode tertentu, baik harian, mingguan, bulanan ataaupun tahunan. Sadono (2006:47). Pendapatan adalah uang yang diterima dan diberikan kepada subjek ekonomi berdasarkan prestasi- prestasi yang diserahkan yaitu berupa pendapatan dari profesi yang dilakukan sendri atau usaha perorangan dan pendapatan dari kekayaan. Besarnya pendapatan seseorang bergantung pada jenis pekerjaannya.

Lama Bekerja : Pengalaman kerja bisa didapatkan saat seseorang baru mulai bekerja disuatu perusahaan atau seseorang tersebut sudah pernah medapatkan pengalaman diperusahaan lain dengan posisi yang sama. Artinya setiap manusia pasti akan belajar dari pengalaman yang pernah dialaminya. Sedarmayanti (2009) mengemukakan bahwa pengalaman merupakan modal yang besar artinya dalam menjalankan roda organisasi agar dapat lebih berhasil guna dan berdaya guna.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan