Mohon tunggu...
Safitri Lestari
Safitri Lestari Mohon Tunggu... Wanita kelahiran tahun sebelum reformasi dan menulis berbagai kisah hidupnya melalui ribuan aksara kata

Untuk para pecinta aksara yang tertuang dalam rasa, agar kelak kita bisa saling menyapa dan bersuar ria

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Lakukan Hal Ini Jika Ingin Segera Tuntaskan Masalah Pribadi

22 Agustus 2019   15:58 Diperbarui: 22 Agustus 2019   16:03 0 0 0 Mohon Tunggu...
Lakukan Hal Ini Jika Ingin Segera Tuntaskan Masalah Pribadi
Unsplash.com

Dalam kehidupan ini tentu saja kita di hadirkan  dengan berbagai banyak pilihan hidup.  Dan setiap pilihan memiliki risikonya masing-masing hingga pada akhirnya berujung pada suatu permasalahan. 

Memang kita tidak dapat pungkiri akan hal ini karena dengan adanya masalah yang ada justru malah membuat perpecahan saling menyalahkan hingga enggan bermaafan. 

Kompasianer di dunia ini tidak ada satupun orang yang tidak memiliki masalah, semua orang memiliki masalah hanya bedanya tingkat dari masalahnya saja yang membedakan. Ternyata kompasianer pun dapat melakukan hal ini untuk segera tuntaskan masalah yang dimiliki dengan cara:

1. Menenangkan Diri Akan Setiap Masalah yang Terjadi
Hal ini wajib dilakukan agar kita mampu berfikir dengan sehat dan jernih dalam menyelesaikan masalah yang ada.  Apabila kompasianer dalam keadaan emosional maka keputusan yang diambil pun akan berujung dengan ketidak-baikan malah menimbulkan perang.

2. Membuat Solusi Pilihan Untuk Menyelesaikan Masalah
Mengapa harus membuat solusi pilihan?

Sebab dengan membuat solusi pilihan kita mampu  menimbang serta memikirkan akan seperti apa solusi terbaik dari setiap permasalahan yang ada. 

Jika kita membuat pilihan misalnya pilihan solusi 1, pilihan solusi 2 dan seterusnya. Dengan seperti itu kita akan dengan mudah menuntaskan setiap masalah yang ada.  

3. Memikirkan Suatu Keputusan Secara Matang
Setelah kita memilih solusi atau jalan keluar dalam setiap permasalahan. Maka kini  saatnya kita memikirkan secara matang setiap keputusan yang kita ambil,  dengan melihat dari setiap dampak apabila kita menggunakan solusi tersebut. Kompasianer pun harus berhati-hati dalam step mengambil keputusan ini,  jangan sampai terjadi penyesalan yang berujung sakit hati.  

4. Banyak Belajar dari Pengalaman Orang Lain
Dengan memilih belajar melalui pengalaman orang lain,  artinya kita telah mendengarkan beberapa tips dan solusi ketika orang lain mengalami suatu kejadian yang kita belum pernah mengalaminya. Jadi hal tersebut mampu dijadikan jalan keluar untuk menyelesaikan masalah kita.  

5. Tetap Bersikap Baik Serumit Apapun Masalah yang Dihadapi
Bersikap baik adalah kunci dari setiap problematika yang ada, dengan bersikap baik artinya kita membiasakan untuk tetap berperilaku positif apapun keadaannya. Jadi harus tetap menjadi karakter yang baik ya kompasianer karena dengan perbuatan baik maka kelak kita pun akan dibalas dengan hal yang baik jua.

Setelah mengetahui hal tersebut yuk tetap berfikir positif ya kompasianer,  jangan pernah bersedih dan berfikir perihal masalah tersebut tidak akan terselesaikan tapi tetap do the best yaaa kompasianer.  

- Safitri Lestari -

KONTEN MENARIK LAINNYA
x