Mohon tunggu...
Safira NurOktavia
Safira NurOktavia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Chemical engineering student

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN UNEJ Peduli Semeru Bersinergi dengan Kegiatan Rutin Posyandu dan Vaksinasi di Desa Tambahrejo Kecamatan Candipuro, Lumajang

21 Januari 2022   20:21 Diperbarui: 21 Januari 2022   20:26 88 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pentingnya kegiatan posyandu menjadi hal yang wajib dilakukan bagi balita untuk menjaga dan mengukur pertumbuhan anak. Kegiatan posyandu menjadi program kerja rutin setiap desa, salah satunya di Desa Tambahrejo. Sedangkan Vaksinasi Covid-19 merupakan program percepatan pemerintah guna menunjang kekebalan tubuh terhadap Virus Covid-19 bagi masyarakat diatas umur 12 tahun.

Dokpri
Dokpri

Bertepatan dengan adanya penerjunan KKN Peduli Semeru Kelompok 15 Universitas Jember yang berlokasi di Desa Tambahrejo Kabupaten Lumajang Kelompok 15 sendiri dalam penerjunannya dibagi menjadi 4 tema yaitu Kesehatan, Kewirausahaan, Kebencanaan, dan Literasi.

Kegiatan pertama yang dilakukan bidang kesehatan sendiri adalah rembug terkait program-program yang ada di Desa Tambahrejo ini sendiri baik dengan kepala desa maupun dengan bidan desa, salah satu program yang dilakukan adalah Posyandu dan Vaksinasi dari dusun ke dusun yang sudah terjadwal dengan rapi.  Posyandu di Desa Tambahrejo sendiri terbagi menjadi 8 yang terletak di dusun Besuki, Aris Tengah, Krajan, Kemamang, Joglosari, Sumberwuluh, Tetelan, dan Rekesan.

"Kegiatan yang dilakukan secara rutin setiap bulannya ini tidak hanya kepada balita saja tetapi juga untuk fasilitas pengecekan kesehatan kepada lansia bersama dengan Perawat Desa" ucap ibu inggi (sebutan ibu kepala desa) di daerah Lumajang. Suksesi vaksinasi sendiri juga dilakukan dan dilaksanakan bersamaan dengan adanya kegiatan posyandu ini sehingga percepatan vaksinasi disetiap dusun di desa tambahrejo ini berjalan dengan lancar.

Dalam kegiatan posyandu serta vaksinasi bidang kesehatan KKN kelompok 15 bersinergi dengan Bidan Desa, Perawat Desa,  Kader melakukan penimbangan berat badan dan tinggi badan dari balita dimasing-masing dusun di desa Tambahrejo sendiri, setelah dilakukan pencatatan selanjutnya Bidan Desa melakukan pengisian di buku KIA masing-masing balita dan didapatkan hasil perbandingan antara tinggi dan berat badan sebagai monitoring terhadap perkembangan balita tersebut.

Untuk vaksinasi sendiri dilaksanakan setelah kegiatan posyandu selesai dimana masyarakat mendatangi tempat posyandu masing-masing dusun, syarat yang harus dipersiapkan sendiri juga mudah hanya menunjukkan kartu vaksin sebelumnya dan membawa KTP sebagai validasi data calon masyarakat yang akan divaksin.

Dalam kegiatan posyandu sendiri setelah selesai kegiatan para balita diberikan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) sebagai penunjang nutrisi bagi balita itu sendiri sebagai upaya kecukupan gizi. Dipenghujung kegiatan posyandu bulanan di Desa Tambahrejo dilakukan imunisasi bagi balita bertempat di Ponkesdes Tambahrejo dimana masyarakat tidak dibebankan biaya dalam imunisasinya, diharapkan dengan adanya imunisasi ini kesehatan balita khususnya di Desa Tambahrejo selalu terjaga.

Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan