Mohon tunggu...
Safirah Insania
Safirah Insania Mohon Tunggu... Tutor - saya seorang mahasiswa

saya lagi belajar menulis, mohon dimaklumi jika ada kekurangan dalam penulisan saya, thanks

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Cara Pengumpulan Informasi Asesmen

22 Mei 2019   02:27 Diperbarui: 22 Mei 2019   03:12 268
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bagaimana mengumpulkan Informasi Asesmen dalam BK ?.

Asesmen ini merupakan kegiatan mengumpulkan informasi dari siswa sendiri hingga lingkungan siswa untuk mengungkap masalah siswa serta berbagai faktor yang menimbulkan problem assessment. Asesmen dapat dilakukan dengan wawancara. 

Wawancara asesmen dapat dilakukan melalui proses identifikasi, analisis masalah, dan konseling. Supaya wawancara berjalan dengan lancar sebaiknya guru BK menguasai ketrampilan dasar konseling berupa ketrampilan memperhatikan siswa , ketrampilan mendengarkan masalah siswa, ketrampilan mengarahkan siswa, dan ketrampilan sikap. 

Keterampilan dalam proses wawancara asesmen merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi keberhasilan dalam proses analisis, pengembangan hipotesis, dan perancangan program bantuan kepada siswa. Sedangkan untuk pengumpulan informasi asesmen secara individu bisa dilakukan dengan resmi seperti membuat surat panggilang bahwa siswa akan melakukan wawancara dengan guru BK. 

Jika dilakukan tidak resmi maka siswa mengerjakan suatu kegiatan untuk melaksanakan hasil keputusan dalam konseling. Maka dari itu jika pengumpulan informasi asesmen dilakukan secara tidak resmi dapat melakukan penilaian dengan menggunakan metode pengamatan/ observasi, pencatatan, dan pengumpulan hasil kegiatan. 

Pengumpulan informasi asesmen berbasis individu dapat dilakukan dengan cara; Penilaian berkesinambungan /berkelanjutan, guru melakukan penilaian wawancara dan observasi secara terus-menerus terhadap siswa; Penilaian proses, melihat bagaimana siswa dapat memecahkan masalah dengan mengambil keputusan dan dilakukan pada saat konseling dilakukan; Penilaian Produk, penilaian keputusan masalah yang di dapat dari siswa dan berasal dari hasil konseling. 

Evaluasinya berupa keputusan siswa dengan kegiatan yang diterapkan dalam keseharian siswa setelah selesai konseling. Guru pengajar dapat membantu guru  BK dalam menilai perubahan-perubahan yang terjadi pada siswa di dalam maupun diluar kelas; Penilaian Proyek ini di dasarkan pada kesepakatan antara siswa dengan guru BK, siswa akan mengkomunikasikan dan merancang cara untuk menyelesaikan masalah.

Diharapkan dengan mengetahui cara pengumpulan infomasi asesmen guru BK dapat menangani setiap masalah atau kasus siswa di sekolah dengan lancar, baik dan benar. Selain itu siswa merasa terbantu dengan adanya BK di sekolah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun