Mohon tunggu...
Safira Dwimas Pranita
Safira Dwimas Pranita Mohon Tunggu... Administrasi - Allah SWT always beside me

Kesuksesan berasal dari Tekad, Doa dan Kerja keras

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Standar Manajemen dalam Perusahaan Bisnis Online

28 April 2021   16:14 Diperbarui: 28 April 2021   16:22 1323
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Baru-baru ini usaha bisnis online mulai merabak dunia usaha, pasalnya dalam masa pandemi ini banyak usaha yang harus gulung tikar dikarenakan sepinya pengunjung atau pelanggan yang datang. Dengan adanya atau diberlakunya ketentuan pemerintah untuk melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ), masyarakat tidak lagi berpergian keluar rumah atau mengunjungi keramaian kota. Jadi para pelaku usaha diluar sana merasakan dampak sepi pengunjung.

Salah satu inovasi dalam pemasaran untuk para pelaku usaha adalah menggunakan teknologi yang saat ini sedang berkembang. Media Sosial contohnya. Dengan adanya Media Sosial yang sekarang populer dikalangan semua orang mulai dari anak kecil, remaja hingga dewasa, kita bisa memanfaatkan Media Sosial sebagai ajang " Pasar " untuk menjual produk atau dagangan kita. Karena dengan kita menjual produk kita di Media Sosial, kita bisa menjangkau pelanggan hingga jarak yang jauh. 

Keuntungan memasarkan produk di Media Sosial yaitu:

1. Efisien dari segi tenaga

2. Jam kerja bisa disesuaikan dengan kemampuan

3. Mudah untuk berkomunikasi

4. Mudah untuk memberikan informasi detail produk

5. Mengetahui kepuasan pelanggan dari point atau bintang yang diberikan

Untuk mengenal dunia pemasaran di Media Sosial, penulis akan memberikan beberapa cara melakukan pemasaran di e-commerce :

1. Perlu Stok barang, persiapan untuk penjualan kita perlu stok barang, agar kita bisa menjual dengan produk-produk yang sudah kita sediakan untuk meminimalisir adanya pembatalan pesanan karena barang atau produk yang dipesan tidak tersedia

2. Mendaftar toko di Media Sosial atau E-commerce, langkah selanjutnya untuk memasarkan produk kita di e-commerce maka kita perlu mendaftar toko terlebih dahulu sesuai dengan ketentuan e-commerce. Berbeda dengan e-commerce Media sosial seperti Facebook, Instagram dll jika sudah memiliki akun diplafom tersebut, maka kita hanya cukup dengan mengubah tampilan akun kita dengan akun bisnis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun