Met Ultah #Blo9or
Nah, Berbicara tentang Blo9or itu tentang apa ya..? Mendengar dari namanya sekilas seperti blogger dan sekilas lagi tentang bogor. Begitulah yang kupahami tentang blogor. Itu diawal mengdengar kata tersebut. Ternyata eh ternyata judi itu haram,, #eh ternyata dugaanku tidak salah amat sich.. bener mendekati 100%. Blogor itu adalah sebuah singkatan dari Blogger Bogor.. Maksudnya blogger yang tinggal di Bogor.
Dugaan yang sepintas itu melahirkan kenyataan yang 90% hampir benar. Nah begitulah sebuah branding di sandingkan atau dimainkan. Dan pada ultahnya yang ke 9 tahun yang dilaksanakan di kantor post cibadak itu, selain merayakan ultah ternyata disisipkan juga materi yang berkaitan dengan personal branding.
Tahu apa artinya personal branding. Di awal mendengar dan mengetahui tentang kata ini aku sendiri menganggap tentang merk pribadi. Namun lambat laun aku mengetahui bahwa maksud daari personal branding itu yaitu bagaimana seseorang mencitrakan dirinya kepada khalayak. Jujur dan tidak dibuat-buat loh. Seperti halnya seorang calon yang ingin maju di pimpinan pemerintahan saat mau pemilihan mulai turn ke masyarakat dan membrandingkan dirinya. Seperti itulah istilahnya. Namun, aku lebih memahaminya bahwa personal brandinng itu harus lah kejujuran.
Nah, dijaman era digital ini personal branding itu perlu pula memainkan peran dalam dunia digital. Uang sebagai contohnya, saat ini sudah banyak yang memainkan namanya e-money. Tanpa uang fisik bisa beli atau bayar apapun. Nah, begitulah era saat ini.
Berkaitan dengan personal branding tadi maka perlu adanya memainkan peran branding diri sendiri melalui digital pada medsos. Ada akun instagram, twitter, fb, youtube? Nah disitulah diantaranya peran digital branding bisa dilakukan. Kalau aku? Belum banyak orang tahu sich.. hihi... Tapi aku berusaha... menciptakan diri untuk bisa dikenal khalayak.. hehehe..
Contoh lain tentang personal branding yaitu Asma Nadia, pasti bayangan sudah menuju Asma Nadia adalah seorang penulis novel dan skenario, bahkan merambah sebagai pebisnis tas. Begitu kiranya personal branding.
Ohya, lanjut ke acara ultah blogor pada 30 september 2017 silam, aku mengajak anakku untuk ikut meriahkan, namun hanya sampai dzuhur karena anakku sudah tidak betah.. maklumlah namanya juga anak balita..
Sebenarnya banyak ilmu yang bermanfaat yang bisa diambil dari perayaan ultah blogor tersebut, diantaranya yaitu Ibrahim Anwar (MCO HibrKraft) melalui penyampaian materinya personal branding: branding strategy, Finka Ermawan (CCO GoogNoteID) melalui penyampaian materinya tentang Improving Digital Softskill, serta kang Hendra sang ketua Blogor dengan materinya Google untuk Bisnismu. Sebuah perpaduan materi yang klop dan pas banget karena momennya pas untuk berbisnis di era digital dengan tidak melupakan personal branding siapa diri ini. Sayang, aku tidak banyak menyerap materinya.. #hiks.. karena sudah keduluan untuk pulang. Namun dari kegiatan pada hari tersebut, yang perlu dingat dan dicamkan adalah bagaimana memanfaatkan digital untuk kemaslahatan loh ya.. Bagaimana orang lain mengingat diri kita sebagai siapa? Itu penting.
Okeh, mari saatnya kita membranding personal kita untuk kemaslahatan.. #ea..
@bloggerbogor @hibrkraft @goodnoteid @kitafoodie @10thrones @coffeetoffeeidn