Mohon tunggu...
Saeful Gunawan
Saeful Gunawan Mohon Tunggu... Lainnya - Apa yang kamu lakukan ketika sendiri adalah diri kamu yang nyata.

assalamualaikum.wr.wb hai temen-temen mohon dukungan serta kritik saranya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Media Pembelajaran IPS Berbasis E-learning

30 Desember 2020   13:31 Diperbarui: 30 Desember 2020   13:38 478
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Teknologi merupakan sebuah ciptaan yang nilai manfaatnya sangat banyak untuk mempermudah kegiatan manusia dan tidak dapat di hindari lagi kegunaanya pada saat ini setiap hari kapanpun dimanapun bahkan yang menggunakanya mulai dari anak-anak hingga lansia. 

Perkembangan teknologi akhirnya masuk kedalam lingkup dunia pendidikan yang dimana dipergunakan untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar yang tujuannya adalah agar menjadi sarana prasarana atau fasilitas baik untuk guru dalam memberikan informasi dalam kegiatan belajar mengajar dan untuk siswa dapat memperrmudah dalam menerima materi dan tentu saja agar kegiatan belajar mengajar tidak terkesan membosankan dan biasa saja. 

Terkadang guru hanya menjelaskan apa yang terdapat didalam buku dan menerangkan dipapan tulis dan akhirnya membuat para murid menjadi jenuh dan kurang memperhatikan materi yang disampaikan gurunya (Rachmadtullah, MS & Syarif Sumantri 2018).

Memasuki era milenial yang serba menggunakan yang terdapat dalam teknologi tidak dapat dipungkiri bahwasanya dunia pendiidkan sudah mengikuti era milenial yang dimana pendidikan menggunakan teknologi sesuai dengan beberapa syarat umum yang harus dipenuhi dalam pemanfaatan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar yaitu.

Pertama media pengajaran yang digunakan harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Kedua media pengajaran tersebut merupakan media yang dapat dilihat atau didengar. Ketiga media pengajaran yang digunakan dapat merespon siswa belajar. Keempat media pengajaran juga harus sesuai denga kondisi individu siswa. kelima media pengajaran tersebut merupakan perantara (medium) dalam proses pembelajaran siswa.

Bahwasanya pengunaan teknoloi ini dimaksudkan agar siswa lebih Interaktif dan Kreatif yang tentu saja dapat mendorong keinginan untuk belajar karena adanya fitur-fitur atau penggunaan media yang kreatif dan inovatif untuk perkembangan pendidikan itu sendiri. 

Dalam pengunaan teknologi ini sendiri agar para murid dapat menyalurkan ide-ide kreatif mereka atau dapat dikataan agar para murid tidak hanya terjebak dalam lingkup pembelajaran yang hanya menggunakan buku serta papan tulis, murid juga dapat mengekspor segala kebutuhan dan keinginan mereka yang kemudia dapat membuat suatu karya yang kemudian tidak membatasi ruang belajar para murid itu sendiri, sekolah pun seharusnya menyediakan sarana prasarana agar dapat medukung berlangsungnya kegiatan belajar mengajar dengan baik.

Media pembelajaran mengalami perkembangan serta perubahan dengan berbasis teknologi atau yang dikenal E-learning menjadi ideal khusunya bagi generasi sekarang yang hidup dalam era milenial. E-learniing merupakan sebuah inovasi yang mempunyai kontribusi yang signifikan terhadap perubahan proses suatu pembelajaran, dimana proses belajar mengajar tidak hanya mendengarkan materi yang disampaikan guru namun siswa dapat melakukan aktifitas lain seperti menggamati, melakukan, mendemostrasikan dan lain-lain. Media pembelajaran E-learnin menjadikan bahan materi untuk mengajar dapat divisualisasikan dala berbagai bentuk yang lebih interaktif sehingga para murid lebih tertarik dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar. E-learning sudah mulai diimplementasikan namun belum dilaksakan secara utuh dikarenakan beberapa faktor mulai dari sarana prasarananya yang kurang mendukung.

Salah satu mata pelajaran yang memiliki karakteristik tersebut dan dapat dimplementasikan ialah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Banyak siswa yang mengeluh terkait mata pelajaran tersebut karena materinya banyak dan lebih cenderung ke hafalan saja sehingga banyak siswa bosan ketika mengikuti kegiatan tersebut, hal ini dikarenakan kurangnya inoasi yan dilakukan guru dalam menerangkan materi guru biasanya cenderung lebih berpatokan terhadap buku sehingga kurang mendapat perhatian dari para siswa.

Adapaun pembelajaran IPS berbasis E-learning dapat kita analisis menggunakan analisis SWOT.

Kekuatan dalam pembelajaran IPS berbasis E-learnin Pertama Tersedianya komputer dengan spesifikasi yang cukup, sekolah atau siswa yang mempunyai kelebihan secara ekonomi dapat mempunyai komputer dengan spesifikasi cukup hal ini tentunya menjadi kekuatan dalam proses pembelajaran IPS berbasis E-learning. Kedua Tersedianya jaringan Wifi dan LAN kegiatan pembelajaran IPS berbasis E-learning tentunya membutuhkan ketersedianya jaringan yang memadai hal ini tentunya menjadi kekuatan tersendiri guna meniptakan pembelajaran yang berjalan dengan lancar. Ketiga tersedianya tenaga ahli dan teknisi dalam menjalankan sistem yang lebih terkomputerasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun