Mohon tunggu...
Sadri Adam
Sadri Adam Mohon Tunggu... Guru - Serious, Good Listener, Interest to new things

Guru Pariwisata SMK Negeri 1 Takengon, Aceh - Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Guru SMK Pariwisata Se-Indonesia Goes to Sydney, Australia

18 Maret 2019   13:55 Diperbarui: 18 Maret 2019   16:29 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sydney - 18 Maret 2019 | Dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia dalam menghadapi revolusi industri 4.0, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan akan melaksanakan Program peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan ke luar negeri. Program tersebut berupa pelatihan yang bertujuan memberikan wawasan, pengalaman, dan pendalaman materi bagi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) yang bermanfaat untuk pengembangan proses pembelajaran di sekolah.

Pendidik dan tenaga kependidikan dapat langsung mendapatkan pengalaman dalam proses pembelajaran untuk mengubah cara mempersiapkan diri sebelum mengajar, selama proses pembelajaran, mengevaluasi hasil belajar, dan mengalami serta memperhatikan langsung budaya belajar di sekolah dan institusi yang dikunjunginya.

Dalam bidang kejuruan, Presiden telah mengeluarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kujuruan (SMK) dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan dunia usaha dan industri di Indonesia, permintaan tenaga terampil lulusan SMK semakin meningkat. Oleh karena itu, peserta didik SMK perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dunia usaha dan industri. Untuk itu diperlukan guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang profesional (Sumber : Buku Panduan Pendidikan dan Pelatihan).

Pelatihan pendidik dan tenaga kependidikan ke luar negeri ini diikuti oleh 1.000 orang guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, widyaiswara, tutor, pendidik Paud, dari seluruh Indonesia.  Program ini merupakan apresiasi dalam rangka peningkatan kompetensi bagi pendidik dan tenaga kependidikan yang telah mengabdikan dirinya dengan penuh tanggung jawab dan berdedikasi serta memiliki prestasi dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik dan tenaga kependidikan. 

Selama mengikuti Program pelatihan di luar negeri, pendidik dan tenaga kependidikan diharapkan dapat menyerap semua materi yang diberikan  dan budaya pembelajar yang dialami untuk kemudian dapat diamalkan dan dipraktikkan dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah masing-masing serta menyebarluaskan semua yang didapatkan kepada pendidik tenaga kependidikan di sekitarnya dan di kelompok kerjanya.

Adapun tujuan umum penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pelatihan pendidik dan tenaga kependidikan ke luar negeri adalah untuk meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi tugas dan fungsi masing - masing. Sedangkan manfaat setelah mengikuti pelatihan diharapkan pendidik dan tenaga kependidikan mampu dan mempunyai kreativitas dan inovasi dalam hal pengembangan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi tugas dan fungsi masing-masing.

Kegiatan ini dimulai dengan Pre Departure PPPPTK Bisnis dan Pariwisata dimulai tanggal 27 Februari s.d. 2 Maret 2019, dilanjutkan dengan Pelatihan di luar negeri untuk kelompok Event Management dan Hotel Management yang dilaksanakan di TAFE NSW Northern Sydney Institute, New South Wales, Australia dimulai tanggal 3 s.d. 23 Maret 2019, dan melanjutkan kembali Post Departure di PPPPTK Bisnis dan Pariwisata pada tanggal 24 s.d. 27 Maret 2019. Setelah itu peserta kembali pada tempat bertugas masing-masing.

Jumlah peserta pada kelompok guru SMK Pariwisata merupakan peserta terbaik yang telah terpilih dan melewati proses seleksi sebelumnya yang terdiri dari 4 (empat) orang pada program Event Management dan 6 (enam) orang pada program Hotel Management yang berasal dari provinsi Aceh, Sumatera Utara, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara dan Maluku Utara. 

Atas nama guru SMK Pariwisata, kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Republik Indonesia dalam hal ini Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan khususnya kepada Ibu Dr. H. Djuariati Azhari, M.Pd. selaku Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bisnis dan Pariwisata. Semoga pengalaman berharga ini dapat menjadikan kami sebagai garda terdepan dalam memberikan hal positif dan terbaik bagi dunia pendidikan khususnya sekolah menengah kejuruan di Indonesia. SMK Bisa ! SMK Hebat !

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun