Mohon tunggu...
Hr. Hairil
Hr. Hairil Mohon Tunggu... Menulia karena kebutuhan, bukan hiburan.

Institut Tinta Manuru

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

DAK Kesehatan (Untuk Peningkatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Morotai)

20 Desember 2017   17:13 Diperbarui: 20 Desember 2017   17:21 2434 0 0 Mohon Tunggu...

Jakarta - Beberapa waktu lalu, Sekjen Kemenkes RI menggelar "Rakontek Dak Bidang Kesehatan Tahun 2018" Gelombang III.

Rakontek DAK Bidang Kesehatan yang digelar selama tiga hari tersebut di ikuti oleh kurang lebih 11 Provinsi. Rakontek merupakan perimbangan dana yang ditujukan untuk menciptakan keseimbangan keuangan antara pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Dari hasil pengamatan penulis di lokasi Rakontek DAK kesehatan 2018 (Untuk Kesehatan), pengurusan anggaran dari setiap Kabupaten/kota di wilayah Timur indonesia termasuk Kabupaten Pulau Morotai tak semulus yang dibayangkan. Maksudnya, ini bukan kerja mudah seperti yang kita bayangkan.

Hal yang membuat kerja ini tidak mulus adalah bahwa masih banyak persyaratan yang harus dilengkapi atau surat permohonan serta data-data yang harus diperbaiki. Sehingga di butuhkan kerja cepat, cerdas dan konsentrasi telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan Morotai dengan sangat teliti, dan penuh konsentrasi.

Dokpri
Dokpri
Dinas Kesehatan morotai dalam hal ini melakukan kerja sepenuhnya sesuai dengan perintah dan undang-undang tentang pelayanan kesehatan masyarakat. Situasi yang tidak biasa pada kegiatan Rakontek DAK untuk kesehatan gelombang III Ini dibuktikan dengan dibawasertakan alat cetak seperti printer dan laptop dan kebutuhan-kebutuhan lain yang berfungsi untuk memperbaiki surat dan perlengkapan administrasi tersebut.

Keseimbangan keuangan antara pemerintah Pusat dan Daerah dari Kegiatan Rakontek DAK 2018 untuk kesehatan ini lah, Kepala Dinas Kesehatan Morotai, Victor Palimbong bersama para stafnya dinas Kesehatan mengikuti kegiatan dan persiapakan segala bentuk kebutuhuan serta pemberkasan untuk administrasi proses penyaluran dana dari pusat ke daerah untuk kesehatan Masyarakat Morotai pada 2018 mendatang.

Meneruskan amanah Bupati Pulau Morotai, kerja-kerja untuk membangun kesehatan morotai adalah hal paling penting dan harus mendapat perhatian serius. Sehingga kerja, fungsi dan tugas telah diterapkan oleh Kepala Dinas untuk tujuan yang umumnya direncanakan sebagai pelayanan kesehatan.

Kepalsa Dinas Kesehatan Pulau Morotai bersama beberapa Stafnya dalam mengikuti kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut, berdasarkan pemantau dilokasi (Vertu Haris Hotel Jakpus) tempat kegiatan berlangsung, mereka bekerja sekuat tenaga dan penuh dengan semangat besar dan penuh tanggungjawab.

Meskipun waktu tiga hari menguras tenaga mereka, tetapi tujuan untuk kesehatan masyarakat morotai menjadi perioritas bahwa kerja harus mencapai target rencana anggaran untuk Sarana dan Prasarana.

Dokpri
Dokpri
Hal demikian dapat dilihat dari keramaian untuk ajukan data-data, dan proses verifikasi serta validasi dilokasi kegiatan memberikan suatu pesan semangat kerja yang kuat. Dari kurang lebih 11 provinsi berlomba menyelesaikan kekuarangan data yang ada sebelum batas waktu yang telah ditentukan berakhir.

Selama tiga hari kegiatan Rakontek DAK 2018 berlangsung, Kepala Dinas Kesehatan Morotai dan para stafnya tidak terlihat ada kesempatan untuk rehat walau beberapa menit. Semua yang dilakukan adalah untuk masyarakat Morotai, untuk kesehatan masyarakat. Apresiasi patutnya diberikan kepeda mereka yang bertanggungjawab atas amanah kerja untuk segenab masyarakat khusunya di Pulau Morotai

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x