Bisnis

Mudik Nyaman Tanpa Khawatir Daging di Freezer Menjadi Busuk

12 Juni 2018   09:49 Diperbarui: 12 Juni 2018   10:29 487 0 0
Mudik Nyaman Tanpa Khawatir Daging di Freezer Menjadi Busuk
foto pribadi

Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Kata yang paling sering kita dengar atau ucapkan yaitu mudik. Tradisi turun-temurun mengunjungi kampung halaman untuk berkumpul bersama orang tua dan sanak keluarga.

Sebagian dari kita ada yang menggunakan transportasi umum, namun ada juga yang menggunakan kendaraan pribadi. Sebagian besar tiket kereta api, pesawat maupun bis sudah habis terjual. Bahkan awal bulan Ramadhan lalu PT. Kereta Api Indonesia sudah mengumumkan tiket yang mereka jual sejak H-90 menjelang lebaran sudah ludes terjual.

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, tentunya berbagai persiapan pun sudah dilakukan. Mulai dari pemeriksaan kendaraan, perbekalaan di perjalanan, hingga rute perjalanan. Semua dilakukan dengan suka cita.

Seringkali pada saat mudik, rumah dibiarkan kosong. Seluruh pintu dikunci rapat, lampu teras ataupun garasi dibiarkan menyala.

Jangan lupa untuk mematikan peralatan eletronik seperti televisi, kipas angin, AC dan lain-lain. Biasanya peralatan elektronik yang akan dibiarkan menyala adalah kulkas atau freezer. Dua peralatan elektronik ini akan dibiarkan menyala untuk menjaga kesegaran makanan, bahan makanan ataupun minuman yang ada di dalamnya.

Lalu bagaimana jika di dalamnya terdapat daging yang memang sengaja Anda persiapkan sehingga pada saat tiba di rumah Anda tidak perlu repot-repot belanja lagi? Bagaimana cara menjaga kesegaran daging tersebut? Simak tips-tips berikut:

Pilih daging segar yang baru dipotong. Pada saat Anda berbelanja daging, sebaiknya pilih daging segar. Anda pun dapat mengecek kesegaran daging dengan cara menekan daging itu. Bila saat ditekan daging kembali ke bentuk semula, maka daging itu segar. Warna daging segar juga tidak pucat dan aromanya khas seperti daging pada umumnya.

Potong daging dalam ukuran kecil. Sebelum Anda masukkan ke dalam freezer, potong daging menjadi kecil-kecil. Hal ini ditujukan agar keseluruhan bagian daging dapat beku secara sempurna. Selain itu, hal ini juga akan mempermudah Anda ketika ingin memasak nanti.

Masukkan daging dalam wadah tertutup. Setelah dipotong-potong, segeralah tempatkan daging dalam wadah tertutup. Hal ini bertujuan agar bakteri dari bahan makanan lain tidak mencemari daging. Kontaminasi bakteri ini dapat mempercepat proses pembusukan daging.

Perhatikan suhu freezer. Segera nyalakan freezer yang Anda miliki. Setelah suhu freezer sudah mencapai -10 0C segeralah masukkan daging yang sudah Anda siapkan tadi. Pastikan Anda menutup pintu freezer dengan rapat.

Setelah selesai dengan daging, kini saatnya Anda memperhatikan kondisi freezer tersebut. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dengan freezer, sebaiknya Anda perhatikan dua hal berikut:

Pertama, perhatikan kondisi kabel serta colokan freezer. Pastikan kabel serta colokan dalam keadaan baik. Hindari menggunakan kabel yang sudah terkelupas ataupun terdapat sambungan. Jika memang kondisi kabel freezer Anda kurang baik, sebaiknya ganti terlebih dahulu untuk menghindari korsleting listrik.

Kedua, periksa kondisi sekitar freezer. Pastikan kondisi di sekitar freezer dalam keadaan bersih. Keadaan kurang bersih atau bahkan sampah yang menumpuk di sekitar freezer, dapat memancing tikus untuk datang. Jika itu terjadi, kemungkinan tikus bersarang di bawah cukup besar. Hal ini tentu akan sangat berbahaya karena tikus akan menggigiti kabel freezer Anda.

Jika semua tips tersebut sudah Anda lakukan, kini Anda dapat mudik dengan nyaman dan tenang. 

Tips ini dipersembahkan oleh PT. Sadhana Ekapraya Amitra, produsen mesin pendingin yang berdiri sejak 1991. Terkenal dengan hashtag #JagoanDingin, perusahaan ini merupakan pemegang merek Aurora, Atiz, Fresta dan Gofner serta telah berhasil menjual ratusan ribu mesin pendingin di seluruh penjuru nusantara.