Mohon tunggu...
Sadam Azkia
Sadam Azkia Mohon Tunggu... Belajarlah Sampai ke Negeri Cina

Nama : Sadam Azkia Alamat : JL. Asngari, Desa Bence, Kecamatan Garum

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mengenali Model Pembelajaran Pengajaran Langsung dan Fase-fase Pembelajarannya

23 Mei 2020   20:52 Diperbarui: 23 Mei 2020   20:49 6 0 0 Mohon Tunggu...

Pada artikel kali ini penulis akan menulis tentang model pembelajaran langsung. Apa itu pembelajaran langsung? Model pembelajaran langsung merupakan model pembelajaran yang menekankan penguasaan konsep dan perubahan perilaku dengan menggunakan pendekatan deduktif.  Adapun ciri-ciri pembelajaran langsung adalah sebagai berikut :1. Mentransformasikan pengetahuan dan keterampilan secara langsung. 2. Model pembelajaran berorientasi pada tujuan tertentu. 3. Materi pembelajaran yang terstruktur. 4. Lingkungan belajar yang tersturktur. 5. Distuktur oleh guru. Guru pada pembelajaran ini sebagai orang yang memberikan informasi dan menggunakan media massa seperti film, tape recorder, gambar dan lain sebagainya. Ilmu atau informasi yang disampaikan dapat berupa pengetahuan prosedural .\

Ada beberapa tahapan pada model pembelajaran ini, seperti :

  1. Orientasi.  Pada tahap ini guru memberikan kerangka materi dan orientasi terhadap materi yang akan disampaikan kepada muridnya. Adapun bentuk orientasinya seperti kegiatan pendahuluan, berdiskusi, memberikan penjelasan, menginformasikan materi yang akan dilakukan oleh pembelajaran, dan menginformasikan kerangka pembelajaran.
  2. Presentasi. Tahap kedua ini guru mengajikan materi pelajaran berupa konsep dan suatu keterampilan. Penyajian materi dapat berupa: penyajian materi, pemberian contoh dan konsep, model peragaan keterampilan dengan cara demonstrasi atau dengan cara penjelasan langkah-langkah kerja terhadap tugas, dan menjelaskan hal-hal yang dirasa sulit.
  3. Latihan terstuktur. Fase ketiga ini guru memadu siswa siswanya untuk berlatih. Siswa memberikan umpan balik atas respon siswanya. Guru meberikan respon terhadap respon siswa yang benar dan yang salah.
  4. Latihan terbimbing. Fase keempat ini siswa diberi kesempatan untuk berlatih konsep dan keterampilan. Pada fase ini guru menilai perkembangan siswanya dalam menyelesaikan tugasnya. Tugas guru memonitoring siswanya dan memberikan latihan bimbingngan terlatih jika dibutuhkan.

Selanjutnya dalam pembelajaran langsung ada kelebihan dan kekurangan yang dimilkinya. Kelebihannya adalah :

  1. Guru lebih bisa mengendalikan isi materi sehingga bisa mencapi target yang diiginkan.
  2. Pembelajaran langusng dapat diterapkan di kelas kecil atau besar secara efektif
  3. Pembelajaran langsung bisa menekankan terhadap poin-poin penting atau kesulitan yang dihadapi siswa agar memperlancar pembelajaran.
  4. Membantu mengajarkan informasi dan pengetahuan faktual secara efektif
  5. Pembelajaran yang sangat efektif untuk mengajarkan suatu konsep dan keterampilan terhadap siswa siswanya
  6. Pembelajaran ini dapat menyampaikan suatu informasi yang banyak dalam kurun waktu yang singkat
  7. Guru bisa merancang menyampaikan ketertarikan kepada siswanya

Adapun kelemahan pada pembelajaran langsung adalah

  1. Guru bingung dalam membedakan kemampuan siswanya, model pembelajarannya, atau ketertarikan siswanya. Disebabkan didalam keasl disetiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda beda atau intelegensi yang berbeda beda.
  2. Siswa memiliki sedikit kesempatan untuk mengembangkan kemapuan sosial mereka dan interpersonal mereka karena waktu yang sedikit.
  3. Guru memainkan peran penting dan pusat. Pembelajaran ini benar-benar bergantung keapda guru itu,  guru harus memiliki cara yang baik dalam menyampaikan materi, memiliki kesiapan berhadapan dengan siswa. Dan juga yang paling penting guru harus memiliki tingkat komunikasi yang baik  karena menjadi inti dalam kesuksesan belajar.

Pembelajaran ini sebenarnya jika diimplementasikan sudah sesuai dengan kurikulum k13. Pada pembelajaran ini bergantung kepada peserta itu didik sendiri dan konsep berdasarkan pemikirannya dia sendiri. Model pembelajaran langsung menggunakan pendekatan deklaratif dengan menitik beratkan kepada kemampuan dan konsep belajar siswa tersebut. Pembelajaran ini memerikan kesempatan siswa untukm mengembangkan kempuan yang dimlikinya. Murid dengan mudah menyesuaikan pembelajaran dengan caranya sendiri dan guru membimbing siswa untuk sukses dalam belajar.kunci kesuksesan dalam pembelajaran ini adalah guru. Seorang murid harus bisa beradaptasi dengan cepat dalam pembelajaran ini. Pembelajaran dengan langusng membantu siswa untuk bisa cepat berkembang karena siswa nya mengandalkan konsep dan pengalaman dalam pembelajarnya. Kesuksesan dalam belajar bergantung pada diri sendiri dan lingkungan. Seorang guru seharusnya harus menyiapkan materi dan cara mengajar yang baik dan inovativ sehingga murid yang ada didalam kelasnya bisa semangat dalam belajar. Guru memainkan peran penting dalam hal ini karena pembelajaran ini tolak ukurnya kepada seorang guru.

Sekian tulisan dari penulis kurang lebihnya minta maaf. Semangat

VIDEO PILIHAN