Wahyuni Susilowati
Wahyuni Susilowati Penulis

pengembaraan raga, penjelajahan jiwa, perjuangan menggali makna melalui rangkaian kata ....\r\n( https://twitter.com/zayshello )

Selanjutnya

Tutup

Digital

Google Chrome dan Mozilla Firefox, Pilih Mana?

12 Juli 2018   08:22 Diperbarui: 12 Juli 2018   11:23 426 0 1
Google Chrome dan Mozilla Firefox, Pilih Mana?
Kecepatan dan fitur baru ( doc.Business Insider/ed.WS)

Mozilla, perusahaan yang membidani browser Firefox acapkali membuat klaim-klaim tentang keunggulan produknya atas kompetitor nomor wahidnya, Google Chrome. Salah satu klaim mereka adalah bahwa Firefox menggunakan RAM 30 persen lebih hemat dibanding Chrome.

Hal itu tentunya sangat menarik bila memang benar. Pemakaian RAM yang lebih sedikit menunjukkan bahwa performa komputer tidak akan melambat saat kita harus membuka banyak pilihan halaman (tabs) pada saat bersamaan. Firefox juga mengklaim mampu mengunduh situs lebih cepat ketimbang Chrome. Tapi apakah semua klaim itu benar adanya? Berikut hasil uji coba Antonio Villas-Boas dalam membandingkan performa kedua  browser sebagaimana yang dilansir Business Insider beberapa waktu (9/7) lalu.

Desain tampilan kedua browser tidak terlalu jauh berbeda, namun Firefox dinilai lebih simpel dalam pemakaiannya karena lajur-lajur menu dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna dan plihan setting yang tidak njelimet.

Lalu terkait dengan pemakaian RAM, yang merupakan memori jangka pendek tempat penyimpanan berbagai aplikasi agar dapat diakses dengan cepat, ternyata bertolak-belakang dengan klaimnya; Firefox terbukti lebih rakus dari Chrome. Jadi jangan heran, kalau komputer lebih cepat lemot saat kita browsing memakai Firefox.

Villas-Boas mengulang kembali percobaannya dari awal menggunakan kedua browser untuk mengunduh situs-situs yang sama agar mendapatkan perbandingan yang lebih akurat. Dia bahkan melakukan hal yang sama untuk program Mac dan Window.

 Hasilnya sama, Firefox lebih banyak menggunakan RAM dibanding Chrome. Soal kecepatan mengunduh situs, Firefox sedikit lebih cepat dari Chrome. Tampilan gambar muncul seketika saat proses mengunduh, sementara Chrome butuh tambahan waktu beberapa milidetik untuk memunculkan secara utuh.

Lapak add-on and extensions, tempat pengguna bisa menemukan berbagai piranti digital untuk memaksimalkan kenyamanan maupun keamanan berseluncur di dunia maya, pada kedua  browser dinilai setara kualitasnya. 

Di sana kita bisa mencari  password manager yang cocok untuk memastikan kata sandi cukup kuat atau mengatur login secara otomatis ke berbagai situs langganan.

Keunggulan Chrome yang tidak dimiliki oleh Firefox adalah fitur cast yang memungkinkan kita untuk menonton video dari YouTube/Netflix/aplikasi video streaming lainnya di piranti terpisah yang telah terinstal aplikasi yang sama. 

Misalnya, kita menemukan sebuah video menarik di YouTube saat browsing memakai Chrome dan ingin menyaksikannya dengan lebih nyaman bersama-sama di ruang keluarga, maka kita cukup menekan tombol cast untuk memutarnya di smart TV yang telah terinstal aplikasi YouTube. Firefox sementara ini tidak menyediakan fitur cast.

Referensi

businessinsider.s