Mohon tunggu...
Shalihat AzkaSabrina
Shalihat AzkaSabrina Mohon Tunggu... Lainnya - pelajar

hai

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Belajar Bernyanyi secara Otodidak

3 Desember 2021   23:03 Diperbarui: 3 Desember 2021   23:12 28 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bernyanyi di rumah. Bernyanyi di rumah dilakukan dengan tujuan untuk menghibur diri sendiri dan melatih suara. Saya sering menyanyikan lagu pop dengan menerapkan teknik yang sudah diajarkan di Paduan Suara SMAMDA Sidoarjo. Maraknya lagu pop membuat dunia musik semakin berwarna terutama di kalangan remaja. 

Selain lagu pop, masih banyak genre lagu yang lainnya seperti Jazz dan RnB. Akankah dunia musik akan terus berkembang? Siapapun berhak bernyanyi sesuai keinginan masing-masing. Tidak ada suatu paksaaan apabila seseorang ingin bernyanyi, semuanya bebas memilih pemilihan lagu, teknik vokal, maupun tempo yang akan dinyanyikan. Seiring perkembangan zaman, teknik bernyanyi juga semakin berkembang. 

Banyak jenis-jenis lagu yang lahir dalam industri musik. Apabila seseorang melantunkan suara merdu dalam bernyanyi, dapat dipastikan orang itu sudah memahami teknik vokal. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa orang tersebut bukanlah tim paduan suara, melainkan bernyanyi dengan otodidak. Bernyanyi di rumah sangat menyenangkan tanpa harus dituntut menggunakan teknik bernyanyi. Sebaiknya orang yang suka bernyanyi terus melatih diri. Bernyanyi merupakan kegiatan yang dapat menghibur diri sendiri dan mengembangkan kreatifitas dengan mengimprovisasi nada.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan