Mohon tunggu...
sabrina winds
sabrina winds Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang Mahasiswi

Seorang Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Tupoksi Marcomm dalam Ajang Pameran Otomotif

29 April 2022   17:00 Diperbarui: 10 Mei 2022   15:58 54 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Marketing Communication (Marcomm) atau komunikasi pemasaran sudah menjadi salah satu bidang yang wajib untuk ditekuni berbagai industri kreatif dalam menciptakan langkah untuk dapat mencapai strategi dan target pasar suatu perusahaan dan juga suatu proyek seperti pada penyelenggaraan Pameran.

Pasalnya sebuah ajang pameran diselenggarakan dengan melibatkan berbagai pihak (Stakeholder) seperti Event Organizer, Sponsorship, Venue, Vendor, Asosiasi dan sebagainya tergantung jenis pameran yang diselenggarakan. 

Dalam sebuah penyelenggaraan pameran bidang Marketing Communication yang akan menjadi pintu arah untuk menyatukan berbagai visi & misi dari berbagai kepala (Pihak) yang akan diolah menjadi strategi pemasaran untuk mencapai target dan mensukseskan pameran tersebut. 

Jenis tujuan pasar dalam sebuah pameran (event) terbagi menjadi tiga bidang diantaranya Business to Business (B2B), Business to Customer (B2C) dan Business to Government (B2G). 

Industri Otomotif Sebagai salah satu sektor penunjang ekonomi nasional dan prioritas kebutuhan sekunder di era modern ini memiliki kesempatan besar dan ruang antusias yang besar bagi masyarakat. 

Salah satu ajang pameran otomotif terbesar, Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 telah diselenggarakan pada 31 Maret - 10 Aprill 2022 di JIExpo Kemayoran dengan capaian transaksi senilai Rp2.1 Triliun selama 10 Hari. 

Sesuai dengan branding yang dibawa pada tahun ini Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) turut beradaptasi dan masuk ke ranah digital Hybrid yakni penyelenggaran secara Offline dan  Online melalui website. 

Tidak hanya itu IIMS Hybrid 2022 juga menawarkan berbagai program acara yang menarik dan berkolaborasi dengan berbagai Komunitas Otomotif.  Pameran bergengsi ini dikelola oleh salah satu Event Organizer terbesar di Indonesia yaitu,  Dyandra Promosindo. 

Bidang Divisi Marcomm dalam IIMS Hybrid 2022 yang diorganisir oleh Dyandra Promosindo terbagi menjadi Marcomm Produksi dan Sosial Media. Adapun peranan dalam bidang yakni sebagai pelaksana strategi dan Branding dari pameran Indonesia International Motor Show (IIMS).

Salah satu tujuan dalam Marcomm adalah untuk memperkenalkan, menciptakan,  membangun dan menjaga identitas pemeran Indonesia International Motor Show (IIMS). Pasalnya pameran IIMS merupakan annual event  yang telah diselenggarakan sejak tahun 2015 silam. Jika dilihat dari segi Visual, Identitas Logo IIMS yang digunakan pada tahun 2022 ini sama seperti tahun sebelumnya. 

Ini menggambarkan bahwa Logo IIMS ini sudah memiliki Hak Cipta yang paten sehingga dapat digunakan berulang jangka panjang. Untuk tema nuansa warna yang digunakan pada pameran ini akan berbeda di setiap tahunya, hal ini juga dengan tujuan untuk membangun antusias masyarakat yang baru dan disesuaikan dengan nilai yang akan dibawa.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan