Mohon tunggu...
syarifuddin abdullah
syarifuddin abdullah Mohon Tunggu... Penulis - Penikmat Seni dan Perjalanan

Ya Allah, anugerahilah kami kesehatan dan niat ikhlas untuk membagi kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Perlu Waktu 5 (Lima) Tahun untuk Bisa Mengendalikan Wabah Corona?

14 Mei 2020   20:11 Diperbarui: 14 Mei 2020   20:22 124 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber ilustrasi: theguardian.com

Pada 13 Mei 2020, WHO memperingatkan, mungkin diperlukan waktu empat sampai lima tahun untuk dapat mengontrol penuh penyebaran wabah covid-19.

(Soumya Swaminathan, chief scientist di World Health Organisation's (WHO), mengatakan, 'I would say in a four to five-year timeframe, we could be looking at controlling this.').

Bahkan ada kemungkinan wabah covid-19 pada akhirnya tidak akan bisa dihentikan secara total. Posisinya sebagai pandemik akan kembali berubah menjadi endemik, seperti halnya virus HIV (Human immunodeficiency).

So from now on, perlu bersiap secara mental, sosial dan ekonomi, untuk menempuh perjalanan marathon, sambil terus keep safety. Mungkin ini yang dimaksud bahwa umat manusia di bumi tanpa kecuali, akan memasuki periode new norm dalam melakoni kehidupan keseharian. Jika prediksi itu benar, akan terjadi banyak perubahan gaya hidup dan pergaulan keseharian antar manusia atau antara manusia dan lingkungannya.

Syarifuddin Abdullah | 14 Mei 2020/21 Ramdhan 1441H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan