Mohon tunggu...
PMM 40 UMM
PMM 40 UMM Mohon Tunggu... Mahasiswa UMM

Redaksi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Semarak Literasi Quran di Panti Asuhan KH Mas Mansyur oleh Mahasiswa PMM Gelombang 8, Kelompok 40 UMM

25 Juni 2021   10:00 Diperbarui: 25 Juni 2021   11:00 38 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Semarak Literasi Quran di Panti Asuhan KH Mas Mansyur oleh Mahasiswa PMM Gelombang 8, Kelompok 40 UMM
Dok. pribadi

Al-Qur’an adalah kitab suci yang merupakan sumber utama ajaran Islam yang menjadi petunjuk kehidupan umat manusia yang diturunkan Allah SWT. Kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagai salah satu rahmat yang tak ada taranya bagi alam semesta. Di dalamya terkumpul wajyu Ilahi yang menjadi petunjuk, pedoman dan pelajaran bagi siapa yang mencapai serta mengamalkannya.

Masa anak-anak adalah usia yang tepat untuk diberikan pendidikan membaca dan menulis Al-Qur’an, oleh sebab itu setiap orang tua memiliki tanggung jawab mengajarkan anak-anaknya Al-Qur’an sejak kecil. Karena Al-Qur’an memiliki pengaruh yang cukup besar dalam menanamkan aqidah yang kuat pada jiwa anak.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Kegiatan BTQ ini bertujuan untuk mempertinggi tingkah laku anak yang mengandung nilai-nilai agama khususnya bagi anak-anak panti asuhan KH. Mas Mansyur. Langkah-langkah dalam pembelajaran, yaitu langkah pembukaan, langkah pengajaran inti, dan langkah penutup. Sedangkan metode yang di gunakan dalam pembelajaran, yaitu metode latihan, metode ceramah dan metode tanya jawab dan materi yang digunakan yaitu materi Qira’ah dengan menggunakan iqra’ untuk jenjang SD dan menggunakan Al-Qur’an untuk jenjang SMP dan SMA. Evaluasi pembelajaran membaca dan menulis, yaitu mengevaluasi secara lisan setelah membaca akan ditanyakan hukum-hukum bacaannya (Tajwid) untuk jenjang SMP dan SMA.

Dari hasil pelaksanaan kegiatan ini kelompok kami mengetahui bahwa dari siswa jenjang SD ada yang sudah bisa membaca Al-Qur’an dan yang masih belajar membaca iqra’. Sedangkan jenjang SMP dan SMA semua sudah lancar membaca Al-Qur’an.   

VIDEO PILIHAN