Mohon tunggu...
Satto Raji
Satto Raji Mohon Tunggu... Freelance Worker for Photograpy, Content Writer, Sosial Media,

Belajar Untuk Menulis dan Menulis Untuk Belajar

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Ketika Begawan Jonru Kena Tipu

2 November 2016   16:02 Diperbarui: 2 November 2016   16:13 5338 10 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Begawan Jonru Kena Tipu
jonru-3-5819ad9d26b0bdb91204f143.jpg

Genderang perang dunia maya mulai kembali riuh terdengar sesaat KPU menentapkan siapa saja yang menjadi peserta bakal calon gubernur dan wakilnya untuk wilayah DKI Jakarta. Saya gak akan menyebutkan siapa saja calonnya karena itu akan jadi iklan gratis nambahin keyword nama mereka di mesin pencari dunia maya.

Yang menarik untuk di lihat adalah informasi yang berhamburan (berarakan dalam bahasa betawi) di sosial media sehingga kadang kita bingung mana yang benar dan salah, walaupun ujung-ujungnya kita share juga.

Fenomena gampang share ini semakin kuat belakangan ini, semua bisa main share tanpa tahu kebenaran isi kontennya. Dan semua pun gampang tertipu dengan semua informasi yang tersedia dengan mudah, mulai dari supir bajaj biru sampai super hero macam Jonru.

Ehhhh, boleh gak ya nyebutin nama orang di artikel..? Biarin ahhh, dia juga sering kok nyebutin nama orang lain.

Yeess Jonru kena tipu e-poster murahan, seakan-akan itu benar adanya.

Jadi begini ceritanya, kita semua tahu seminggu terakhirnya ini kita dibayangi oleh aksi yang akan terjadi pada tanggal 4 November 2016 yang seharusnya tidak perlu ditakuti. Tapi berhubung ada pihak yang membesar-besarkan bahkan sampai menyuruh sekolah dan kantor meliburkan diri jadilah bikin suasana semakin tidak nyaman.

Kalau memang mau demonstrasi ya silahkan, gak ada yang melarang bahkan dilindungi secara hukum kok. Jangan di besar-besarkan sehingga orang jadi cemas.

Lannjjuutt….

Dinamikanya terus terjadi broo, status FB sampai meme bermunculan tiap hari baik yang mendukung, menolak ataupun dalam posisi netral untuk demonstrasi tanggal 4 November 2016 nanti. Dari sekian banyak informasi tentang 4 November 2016, ada satu e-poster menarik perhatian saya yang di share seorang teman. Kalau saya bilang teman, karena memang saya mengenal dia. –siul,..siull..-

jonru-2-5819ae07307a61db1ccdbdc0.jpg
jonru-2-5819ae07307a61db1ccdbdc0.jpg
Kurang lebih e-poster itu adalah ajakan hunting berbayar seperti yang biasa komunitas fotografi lakukan. Tapi untuk kali ini temanya adalah demo 4 November 2016. Bagi saya atau juga sebagian komunitas fotografi begitu melihat e-poster ini, reaksi pertamanya adalah “ini mah poster iseng,  ngapain gw bayar buat motret demo… tinggal datang ke lokasi gak ada ngelarang kan?”.

Tapi tidak dengan Jonru, setelah e-poster ini di repost dan jadi viral, akhirnya sampai di timeline Jonru, beliau langsung screenshot dan publish di timeline Fanpagenya sambil berstatus ria.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x