Mohon tunggu...
sapto suhardiyo
sapto suhardiyo Mohon Tunggu... Penulis - Laki-laki

Seorang yang biasa-biasa saja

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Selain Indah, di Pantai Manganti Ternyata Ada Pabrik Pengolahan Ubur-ubur

22 November 2021   14:06 Diperbarui: 22 November 2021   15:11 83 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

 

SobatInspirasi, Selain terkenal dengan keindahan pasir putihnya pantai Manganti yang terletak di Kabupaten Kebumen Jawa Tengah ternyata disana juga ada pabrik pengolahan ubur-ubur terbesar di Jawa Tengah. Tempat pengolahan ubur-ubur berada ujung barat pemberhentian kendaran, sekitar 7 menit perjalanan sudah dapat terlihat tenda-tenda pengolahan.

Untuk melihat proses pengolahan harus ijin dahulu kepada pekerja disana agar tidak menganggu dan tentunya harus sedia masker yang tebal dikarenakan baunya yang menyengat.

Setelah sedikit ngobrol bareng salah satu pekerja disana ternyata, pengolahan ubur-ubur tersebut sudah lama yakni sekkitar sudah 6 tahunan, namun tidak sepanjang tahun beroperasi hanya di bulan-bulan musim ubur-ubur panen, yakni dibulan Agustus sampai awal Maret.

Setiap harinya pabrik ini bisa mengolah rata-rata sekitar 1 ton setiap harinya. Ubur-ubur dibeli dari para nelayan sekitar Pantai Manganti yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia Belanda. Semakin banyak tangkapan nelayan semakin banyak juga pekerjaan para pekerja pabrik pengolahan yang didominasi oleh kaum hawa tersebut.

Dokpri
Dokpri

Pekerja wanita tersebut setiap harinya bisa mengantongi 70-100 ribu rupiah yang dibayarkan setiap harinya, dimana jam kerjanya dimulai pukul 8.00 sampai dengan 16.00 dengan satu kali istirahat untuk makan siang dan sholat dzuhur.

Proses pengolahannya dimulai dengan memisahkan kepala ubur-ubur dengan kakinya. Kepala ubur-ubur akan dibersihkan dari kulit arinya. Sedangkan untuk kakinya akan di lakukan pengadukan dengan mesin pengolah untuk membersihkan isi perut dan racunnya.

Sebelum dibersihkan ubur-ubur direndam dengan air tawas untuk menetralisirkan racun, setelah bersih ubur-ubur dimasukan kedalam kolam pengasinan. Yakni kolam yang berisi air garam, yang nantinya didiamkan selama 24 jam, setelah itu ubur-ubur diangkat untuk dimasukan kedalam gudang dan siap diekspor. Labih Jelasnya bisa dilihat di Chenel Youtube Kami, Jangan Lupa Subsribe, Like dan Shrare ya. Terimakasih!!!


Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan