Mohon tunggu...
sapto suhardiyo
sapto suhardiyo Mohon Tunggu... Penulis - Laki-laki

Seorang yang biasa-biasa saja

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Buat Meja Teras, Murah Meriah Hanya Selembar Papa Saja

13 September 2021   09:59 Diperbarui: 13 September 2021   12:19 138 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Untuk membuat sebuah meja teras ukuran 50 x 40 cm dan tinggi 60 cm dengan ketebalan 2 cm hanya membutuhkan satu lembar papan saja. Papan ini di beli seharga Rp 35 ribu, kayu nya berasal dari kayu lokal yakni pohon salam "kayu Jawa".

Membuat nya juga sangat mudah hanya berbekal gerinda, bor, jig saw, mur lancip, mur baut 4 cm ukuran 0,1 cm, palu dan obeng serta lem perekat.

Waktunya pun tak mengikat selama 3 hari dan dilakukan saat waktu senggang, pulang dari kantor atau saat liburan pun bisa. Walaupun jika dilakukan oleh profesional seharian bisa kelar, namun sekali lagi ini sekedar hobi untuk mengisi waktu luang.

Ayo Bikin Sendiri karena kepuasan pribadi tidak bisa dibeli, hanya bisa dinikmati. Walaupun di sana-sini masih ada kekurangan dalam finishing, namun sudah merasa puas karena bikinan sendiri.

Pertama-tama papan dihaluskan dengan mesin gerinda dengan ukuran amplas ukuran 60, setelah bekas-bekas geregaji sensaw agak hilang kemudian ampals diganti dengan ukuran 80, kemudian diganti dengan ukuran 150 sampai kelihatan halus. Setelah halus kemdian dipotong dengan sirkularsaw sepanjang 50 cm sebanyak 2 buah, ini digunakan untuk alas mejanya.

dokpri
dokpri
Dua papan ini kemudian kita lekatkan/sambung menggunakan paku 4 cm sebanyak 5 buah, sebelummnya kita buat lobang di kedua papan di salah satu sisinya yang mau kita sambung.ย 

Sebelum dipaku kita lem pakai lem kayu kemudian kita klam, jika tidak ada klam maka kita bisa menggunakan tali jemuran untuk mengikat kedua kayu agar tersmbung. Kita diamakan selama 1 malam setelah itu baru dibuka.

Kemudian memotong papan lagi sepanjang 60 cm kemudian dibelah menjadi 4 buah dengan ukuran 5 cm yang nantinya akan kita gunakan untuk kaki meja teras. Kemudian kita bor ditengah kayu dengan ukuran 10 milimeter, kemudian kedua kaki meja kita rekatkan dengan mur baut ukuran 10 milimeter.

Untuk menyambung kaki dengan alas meja kita membutuhkan kayu dengan ukuran 10 x 5 cm dengan kedua ujungnya dipurus untuk menempatkan kaki meja. Setelah dipurus lalu kaki meja disambung dengan skrup dan lem kayu seterusnya disambungkan dengan alas meja dengan ukuran 10 cm dari tepian.

Akhirnya meja mungilpun sudah jadi, dan bisa digunakan untuk nonggkrong di teras sambil makan cemilan dan segelas lemon tea yang nyami.


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan