Gayahidup

Cara Menjadi Guru yang Inspiratif dan Disenangi Siswa

21 September 2017   10:31 Diperbarui: 21 September 2017   11:16 2411 7 0

Guru memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Guru itu tidak harus dituntut memiliki kemampuan mentransformasikan pengetahuan ,pengalamannya dan memberikan tauladan tetapi juga diharapkan mampu menginspirasi anak didiknya agar mereka dapat mengembangkan potensi diri dan memiliki akhlak yang baik.

Guru inspiratif adalah guru yang terbuka dan membuka wawasan bagi muridnya maupun dirinya sendiri. Membuka wawasan bagi dirinya sendiri, guru yang terbuka dengan berbagai pemikiran baru dan cara-cara baru untuk mensukseskan tugasnya mengajar. Dan guru inspiratif juga membuka wawasan baru bagi muridnya dan secara sungguh-sungguh memfasilitasi kesuksesan siswanya dalam belajar.

         Hal yang harus dilakukan guru inspiratif:

  • Menunjukkan keterbukaan dalam perencanaan mengajar dan kegiatan belajar mengajar
  • Menjadikan materi pelajaran berguna bagi kehidupan nyata siswa
  • Mempertimbangkan berbagai alternatif cara menyampaikan isi pelajaran kepada siswa
  • Menunjukkan perilaku demokratis dan tenggang rasa kepada semua siswa  
  • Menggunakan humor secara proposional dalam menciptakan situasi KBM yang menarik
  • Memandang siswa sebagai patner dalam KBM

Dengan begitu kita bisa mengaplikasikan cara mengajar yang tidak membosankan dan disenangi oleh siswa. dan tinggalkan model guru konversional, konvesional itu metode pembelajaran tradisional atau disebut juga dengan metode ceramah karena metode ini telah dipergunakan sebagai alat komunikasi lisan antara guru dengan anak didik dalam proses belajar dan pembelajaran.

Guru inspiratif tidak hanya mengejar penyelesaian kurikulum, tapi juga harus bisa mengajak muridnya untuk kreatif. menjadi guru itu harus totalitas dan keikhlasan dalam menjalankan amanah sebagai pendidik karna guru adalah cerminan dari nilai- nilai kemanusian.

Bagainama menjadi guru inspiratif ? menjadi guru inspiratif tidak gampang, karna guru inspiratif itu tidak permanen dan bisa saja memudar. tapi bisa saja permanen jika diimbangi dengan keikhlasan dan semangat tinggi. menjadi guru yang inspiratif harus mempunyai komitmen tinggi terhadap perubahan, memahami, serta mampu membawa muridnya memahami dunia melalui dirinya sendiri, mampu memberikan layanan pendidikan kepada muridnya dengan berbagai latar belakang yang berbeda (fisik, intelektual, sosial, dan emosional)

Andaikan semua guru mempunyai jiwa inspiratif dan guru yang menyenangkan. pasti murid akan merasa nyaman berada di kelas, bahkan guru yang inspiratif selalu dinantikan kehadirannya. dengan itu guru inspiratif akan bisa mencetak generasi penerus yang berkarakter yang bisa menjadi tombak keberhasilan pendidikan.