Otomotif

Pabrik dan "Dealer" Mobil Honda di Kawasan Karawang

8 Juni 2018   01:25 Diperbarui: 8 Juni 2018   01:41 3295 0 0

Jika berbicara soal mobil Honda, banyak orang di Karawang yang merasa bangga. Karawang adalah salah satu lokasi di mana perusahaan Honda meletakan pabrik mobilnya. Pada tahun 2017 lalu pabrik ini baru saja merayakan produksi satu juta unit.

Profil Pabrik Honda Karawang

Perusahaan Honda membuka pabrik di Karawang pada Februari 2003 yang lalu. Jika dihitung, pabrik ini sudah berdiri selama 15 tahun. Pabrik ini dibangun di atas lahan 512.500 meter persegi dan luas bangunan 80.324 meter persegi. Lahan pabrik dibagi beberapa area untuk memudahkan proses manufacturing.

Pabrik ini sebenarnya mendapat perubahan sekali sepanjang berdirinya. Pabrik generasi pertama memiliki kapasitas produksi 50.000 unit per tahun dengan nilai investasi saat itu 700 miliar. Karena prosepek produksi diharapkan meningkat, pada tahun 2012 fasilitas pabrik ini mendapat perubahan. Pihak Honda akhirnya mendirikan pabrik kedua dengan luas bangunan 145.760 meter persegi di kawasan yang sama. Pabrik kedua ini memiliki nilai investasi sebesar 3,1 triliun. Pabrik ini selesai dibangun dan diresmikan pada tanggal Januari 2014. Penambahan unit pabrik kedua ini mampu meningkatkan kapasitas produksi pabrik Honda Karawang hingga maksimal 200.000 unit per tahun.

Saat ini pabrik Honda Karawang telah memproduksi sejumlah model mobil yaitu Mobilio, BR-V, HR-V, Jazz, Brio Satya, Brio RS dan CR-V. Sebagian besar model mobil tersebut dikelola dan dipasakan dengan target 80% pasar lokal. Walaupun target utama pabrik ini adalah pemenuhan demand dalam negeri, produksinya juga digunakan untuk pemenuhan parts dan model ekspor.

Kegiatan produksi pabrik Honda Karawang diekspor ke berbagai negara setelah demand dalam negeri mencapai target. Penjualan mobil model -- model ini mungkin memiliki nama lain saat sudah di mancanegara, tapi karena modelnya sama, pihak pabrik biasanya hanya perlu mengganti label dan logonya saja. Sepanjang 2016, jumlah ekspor pabrik ini meningkat menjadi 7.700 kontainer dari 5.600 kontainer pada tahun 2015. Trend peningkatan ini terus berlanjut sepanjang tahun 2017 ke 2018.

Penjualan dan Pemasaran Honda di Karawang

Untuk penjualan dan pemasaran Honda di Karawang umumnya dilakukan dengan peran dealer -- dealer resmi Honda Karawang. Dealer -- dealer ini tersebar di banyak tempat di daerah karawang. Biasanya dealer -- dealer ini dibagi menjadi tiga jenis, yaitu dealer besar, dealer menengah dan dealer kecil.

Perbedaan ini berdasarkan penjualan model yang tersedia. Untuk dealer besar penjualan mulai mobil mewah sampai mobil biasa Honda ada di sini. Terkadang malah dealer besar ini menyediakan model khusus yang dijual terbatas. Jika Anda penyuka mobil mewah dan sporty bernilai mahal, dealer ini merupakan pilihan yang tepat.

Untuk dealer menengah adalah yang paling banyak ada di kawasan Karawang. Dealer ini melayani penjualan model -- model mobil yang umum dipakai oleh masyarakat dan hanya melayani pesanan mobil mewah jika ada pesanan. Walaupun lebih kecil ukurannya dibanding delaer besar, stock model mobil ini cukup besar. Mobil jenis CR-V, Jazz dan Brio adalah yang paling banyak dijual di sini.

Berikutnya adalah dealer kecil. Dealer ini melayani di daerah yang lebih pelosok dan terpencil. Walaupun begitu pelayanannya tidak akan kalah dengan dealer besar. Hal yang membedakan adalah stock unit yang ada di showroom. Dealer kecil biasanya hanya memiliki stock terbatas untuk unit mobil.

Penjualan lain di dealer -- dealer tidak resmi sebetulnya juga ada, tapi banyak orang di Karawang lebih menyukai membeli mobil Honda dari dealer resmi secara langsung