Mohon tunggu...
Ryando Satria
Ryando Satria Mohon Tunggu... Freelancer - Your friend blogging

A simple man, like to hear your story

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tugas Jasa Keamanan Satpam Pada Sektor Industri

18 Januari 2022   15:27 Diperbarui: 25 Januari 2022   09:48 219 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pada dasarnya, tugas seorang jasa keamanan security atau satpam adalah untuk menjaga keamanan sebuah area. Bisa dilihat dari namanya, satpam berarti satuan pengaman, dan karena tugasnya yang berkaitan dengan keamanan, maka seorang satpam harus mempunyai mental dan juga fisik yang kuat dan juga tangguh. Hal ini untuk mengantisipasi sewaktu-waktu seorang satpam dihadapkan dengan masalah--masalah yang berhubungan dengan suatu kejahatan atau masalah yang mengganggu keamanan dan stabilitas lingkungan.

Adapun ruang lingkup kerja dari seorang satpam tidak hanya di area perumahan saja, tetapi security atau satpam biasanya juga ditugaskan untuk menjaga sebuah perusahaan pabrik. Satpam dan juga security yang bertugas di perusahaan atau di sebuah pabrik industri mempunyai karakteristik yang mirip dengan satpam lainnya, yaitu menciptakan lingkungan yang aman bagi perusahaan. Hal ini dikarenakan sebuah perusahaan pasti menyimpan banyak sekali aset-aset penting yang perlu dijaga, membutuhkan lingkungan yang aman, dan terhindar dari hal--hal yang bisa merugikan perusahaan. Berikut ini adalah tanggung jawab dan juga tugas seorang jasa keamanan satpam ataupun security di pabrik industri.

 

Menjaga Keamanan di Lingkungan Perusahaan.

Seperti hal yang dijelaskan sebelumnya, satpam mempunyai tugas untuk menciptakan lingkungan yang aman. Untuk itu, diperlukan berbagai upaya dalam menciptakan lingkungan yang aman untuk kepentingan pabrik industri secara internal, seperti melakukan patrol di lingkungan pabrik untuk memastikan bahwa area pabrik aman dari gangguan kejahatan oleh pihak internal maupun pihak eksternal.

 

Melakukan Pengecekan Barang yang Masuk ke Lingkungan Perusahaan.

Setiap ada supplier barang yang akan masuk ke area lingkungan perusahaan, maka mereka akan melewati satpam atau security sebagai pintu awal. Pada saat seperti inilah, pentingnya tugas satpam untuk mengkonfirmasi juga mencari tau identintas si supplier tersebut.

Melakukan Pengecekan Barang yang Keluar Dari Perusahaan.

Jika ada barang ataupun suatu paket yang akan keluar dari perusahaan atau pabrik, maka tanggung jawab seorang petugas jasa kemanan satpam adalah melakukan pengecekan terhadap paket yang akan dibawa keluar apakah benar.

Melakukan Check Surat Ijin Keluar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan