Mohon tunggu...
Rusdi Afandi
Rusdi Afandi Mohon Tunggu... entrepreneur

seorang yang selalu belajar jadi lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pentingnya Branding dalam Sebuah Bisnis

5 Maret 2020   13:53 Diperbarui: 8 Maret 2020   08:40 237 0 0 Mohon Tunggu...

Saat ini berbisnis adalah salah satu pilihan yang diminati oleh banyak orang, karena berbisnis memberikan peluang lebih besar untuk mendapatkan penghasilan yang selalu meningkat yang berbeda dengan karyawan dimana karyawan gajinya cenderung tetap dan kenaikan tiap tahunnya cenderung sedikit. Sehingga banyak sekali para karyawan yang memilih keluar dari pekerjaannya dan mencoba untuk berbisnis sendiri, dari sekian banyak yang mencoba masuk di dunia bisnis, tidak semua berhasil mencapai tujuannya, bahkan ada yang jatuh karena mengalami banyak kerugian, yang membuat modalnya habis dan utangnya malah jadi membengkak, permasalahan-permasalah yang dihadapai oleh pembisnis pemula memang banyak sekali, mulai dari segi keuangan, peralatan, produksi, branding, marketing, sdm, dan lain sebagainya.

Pada tulisan kali ini saya ingin berbagi pengalaman dalam memulai bisnis, khususnya di bidang persoalan branding agar bisa menjadi refrensi pemecahan masalah rekan-rekan semua.

Sebelum membahas lebih jauh lagi enaknya kita membahas dulu apa itu branding, branding adalah usaha kita dalam membuat identitas, karakter, citra dari produk atau jasa yang kita jual, citra tersebut bisa melekat menjadi identitas produk atau jasa kita dan bisa menjadi pembeda antara produk atau jasa kita dengan produk atau jasa kompetitor.

Tujuan adanya branding adalah membuat produk atau jasa kita tampil beda, unik dan mudah di ingat, sehingga produk kita bisa lebih mudah di identifikasi oleh pasar.  ini sangat penting karena diluar sana bisa jadi ada ribuan pengusaha yang memiliki produk/jasa seperti yang kita punya, sehingga tanpa sebuah branding, bisnis kita akan susah ditemukan dan susah untuk di ingat.

Branding juga memiliki sebuah nilai untuk menaikkan harga jual, misal jika kita bicara kasus real antara kopi biasa dan kopi starbucks, tentu kita tahu mana yang harganya mahal, kenapa kopi starbuck harganya jauh lebih mahal dan kenapa banyak sekali pembelinya? karena kopi starbuck sukses membangun branding sebagai kopi premium, kopi eksekutif, berkualitas dan bergengsi, sehingga orang beli kopi starbuck itu tidak hanya beli kopinya saja tapi mereka juga beli brandingnya.

Dalam membangun sebuah branding hal yang butuh kita pikirkan meliputi pembuatan nama produk/jasa, logo, identitas warna, konsep ciri khas atau kelebihan produk/jasa kita, ciri khas kelebihan pelayanan kita, ciri khas tempat jualan kita dll.. tipsnya adalah kita harus memetakan branding para kompetitor dulu, sehingga kita bisa membuat branding yang dikemas berbeda dari merek-merek yang sudah ada, bikin branding yang tentunya lebih berkualitas dari brand yang sudah ada jika kita ingin tampil lebih menonjol dari para kompetitor.

Persoalannya disini, banyak sekali para pengusaha baru yang tidak tahu variabel branding ini, sehingga banyak yang membuat bisnis tanpa membuat sebuah nama, tanpa membuat sebuah logo atau identitas lainnya, atau tanpa memikirkan konsep apa yang membuat produk/jasa/pelayanannya menjadi unik dan memiliki nilai lebih dari pada kompetitor yang ada, oleh karenanya mungkin mereka bisa membuat produk atau jasa, mungkin mereka bisa menjualnya, namun mereka akan sulit membuat para customer untuk mengingat mereka, mereka akan sulit menghadapi persaingan yang sengit karena nama produknya tidak menonjol, apalagi jika mereka berhadapan dengan produk atau jasa yang sudah punya nama kuat dipasaran. Sehingga hal itulah yang membuat banyak para pengusaha baru menyerah dalam kompetisi persaingan bisnis yang ada, produk/jasanya tidak laris dipasaran, sehingga banyak barang produksi yang menumpuk tidak terjual, omset menurun, kehabisan modal hingga bangkrut. 

Jika anda sekarang ingin memulai berbisnis atau sedang berbisnis namun belum menerapkan pembuatan branding maka mumpung belum terlambat ayo kita pikirkan matang-matang persoalan branding ini, kita mulai dengan menentukan nama produk/jasa kita dulu, kalau sudah ada kita bisa lanjut memikirkan identitas visual produk atau jasa kita, mulai dari pembuatan logo, company profile, brosur, banner, kemasan, desain interior kantor/toko, dll.. dan jangan lupa untuk membuat konsep pembeda produk/jasa/layanan kita dengan brand lainnya. Untuk pembuatan identitas visual seperti logo, banner dan lain-lain kita bisa mempercayakan pada ahlinya, yaitu layanan jasa desain grafis dan interior yang profesional dan berpengalaman, pada artikel ini saya merekomendasikan anda memesan keperluan desain branding tersebut di www.lokadesain.com karena di agensi tersebut memiliki sdm yang profesional dan pengalaman dan harganyapun juga masih terjangkau.

sekian artikel yang bisa saya share semoga bermanfaat untuk rekan-rekan semua. 

VIDEO PILIHAN