Mohon tunggu...
Ruth Marry
Ruth Marry Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis lepas

Undergraduate Student of Agronomy and Horticulture at IPB University

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Mahasiswa KKN-T IPB Tanggap Perubahan, Ajak Masyarakat Belajar Digital Marketing

23 Agustus 2021   13:06 Diperbarui: 23 Agustus 2021   13:43 129 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) IPB merupakan salah satu bentuk pengabdian yang diberikan oleh IPB University bagi masyarakat. Melalui program KKN-T, perguruan tinggi terbaik ke-3 di Indonesia pada 2021 versi Webometrics ini mengajak mahasiswa untuk turun langsung ke masyarakat dan mengatasi masalah yang ada dengan memanfaatkan ilmu yang diperoleh selama menempuh pendidikan tinggi di IPB University.  

Kampus yang dibangun pada tahun 1963 yang sekaligus menjadikannya sebagai salah satu kampus tertua di Indonesia ini konsisten mengadakan program ini selama bertahun-tahun. 

Kasus Covid 19 yang sempat melonjak pada periode KKN membuat mahasiswa berinisiatif untuk mengusung banyak program yang bisa diadakan secara daring. Webinar merupakan program KKN daring yang paling banyak diusung oleh mahasiswa karena mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat dengan tetap membatasi mobilitas di tengah pandemi.

Tim KKN Kelurahan Kebalen, Kabupaten Bekasi mengusung webinar edukasi digital marketing bersama dengan delapan tim lainnya yang tersebar di berbagai daerah, yaitu Kota Jakarta Timur dan Selatan, Kabupaten Bogor, Kabupaten Tangerang, Kota Bandung, dan Pringsewu. 

Webinar ini dibuat dengan harapan dapat meningkatkan kecakapan masyarakat dalam menanggapi perkembangan dunia digital yang  semakin pesat, khususnya dalam bidang marketing.

Webinar yang diadakan pada Sabtu, 24 Juli 2021 ini mengundang Andina Oktariani, SE, M.Si sebagai narasumber. Beliau merupakan dosen Sekolah Bisnis IPB University yang berhasil menamatkan gelar master ekonomi di IPB University serta kini aktif sebagai teknikal editor Journal of Business and Application Management

"Pemasaran digital merupakan sebuah kepastian dalam upaya kemajuan bisnis di tengah pandemi, tidak ada cara lain. Kita harus memanfaatkan teknologi yang ada secara maksimal dalam kegiatan pemasaran digital, salah satunya saluran yang tersedia seperti marketplace, media sosial, dan platform pemasaran lainnya. Pemanfaatan saluran-saluran ini harus disesuaikan dengan sasaran produk yang kita jual. Kita bisa mencoba melakukan pemasaran digital di semua saluran yang ada hingga menemukan satu saluran yang tepat untuk melakukan pemasaran. Setelah menemukan saluran tersebut, maka pemasaran dapat dilakukan dengan lebih efektif," ujar Ibu Andin.

Dokpri
Dokpri

Kegiatan webinar yang sekaligus menjadi ajang kolaborasi dari sembilan tim KKN-T IPB ini berlangsung dengan tertib. Mahasiswa bekerja sesuai tugas yang telah dibagi sebelumnya.  Kegiatan ini juga mendapat antusiasme masyarakat, terbukti dari jumlah partisipan yang berhasil mencapai lebih dari sembilan puluh orang. 

"Webinar ini sangat menginspirasi," kesan Ibu Sri Subali, Kader Posyandu Kelurahan Kebalen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan