RutaNe_Info - Sebagai seorang pelayan publik di bidang pemerintahan, dalam menjalankan tugasnya tentu harus mampu memberikan pelayanan yang prima. Hal ini semata-mata merupakan upaya agar masyarakat dapat memperoleh hak-haknya dengan terjamin dan membangun kepercayaan publik.
Membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik yang dilakukan penyelenggara pelayanan publik merupakan kegiatan yang harus dilakukan seiring dengan harapan dan tuntutan seluruh warga negara dan penduduk tentang peningkatan pelayanan publik.
Petugas Pemasyarakatan dan komponen pendukungnya memiliki kewajiban untuk memberikan layanan terbaik dan prima.
Dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan dalam penyelenggaraan Pemasyarakatan, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan mengadakan kegiatan Workshop Layanan Publik Pemasyarakatan bagi petugas di bidang pelayanan dan Tim Humas di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan seluruh Indonesia.
Dengan mengangkat Tema "Layanan Publik Pemayarakatan yang PASTI", Kegiatan dikuti secara hybrid, yang diikuti oleh para peserta dari Unit Pelaksana Teknis secara virtual melalui aplikasi Zoom dan secara luring di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Jakarta Pusat.
Kemenkumham Sulawesi Barat mengikuti kegiatan tersebut  melalui daring via aplikasi Zoom.
Rutan Kelas IIB Majene yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan KanwilMewakili Kepala Rutan Majene (Mansur), Kasubsi Pelayanan Tahanan (Muhammad Arham) bersama dengan Tim Humas Rutan Majene mengikuti workshop tersebut dengan baik.
Menurut Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Ditjenpas Kemenkumham Rika Aprianti, Maksud dan tujuan dalam kegiatan workshop pelayanan publik pemasyarakatan ialah Meningkatnya kualitas pelayanan publik dalam penyelenggaraan Pemasyarakatan, Meningkatnya kompetensi dan kinerja pelayan publik Pemasyarakatan dan Terpenuhinya hak-hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang prima dan PASTI (professional, akuntabel, sinergi, transparan, dan inovatif).
Sebagai narasumber dalam kegiatan ini Ia memberikan nasihat kepada seluruh Humas di UPT Pemasyarakatan "Dalam memberikan layanan kepada masyarakat, Simpati itu sangat penting. Betikkan dalam hati jika kita yang jadi mereka. Maka berikan layanan sesuai dengan pelayanan yang kita ingini juga".
"Sebagai penutup, kobarkan semangat melayani dengan dasar PASTI dan Berakhlak". Tutup Rika.
Kepala Rutan Majene (Mansur) yang sedang perjalanan dinas mengutarakan bahwa "Itulah tugas kita. Sebagai pelayan publik kita berikan yang terbaik kepada masyarakat. Dengar keluhan dan berkomunikasi dengan baik dengan mereka".
"Inilah yang menjadi komitmen Rutan Majene dalam melakukan pelayanan Publik". Ucap Mansur.