Mohon tunggu...
Lapas Batang
Lapas Batang Mohon Tunggu... Lainnya - Lapas Kelas IIB Batang

Instansi Pemerintah Di bawah Kementerian Hukum dan HAM

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kepala Lapas Batang Kanwil Kemenkumham Jateng Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

1 Oktober 2022   14:31 Diperbarui: 1 Oktober 2022   14:34 38 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kepala Lapas Batang Rindra Wardhana memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022 yang digelar di Aula Serba Guna Lapas Batang, Sabtu (1/10/2022). Upacara kali ini mengusung tema "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila."

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

Upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB itu, diikuti Pejabat Struktural serta peserta dari Pegawai Lapas Batang, Taruna Poltekip, dan Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Batang. Bertindak sebagai Komandan Upacara ialah Wakil Kepala Regu Pengamanan 4 Joko Purwoko. Sedangkan Kasi Kamtib Fanny Yusuf Irawan sebagai Perwira upacara.

Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilakukan sehari setelah peringatan pemberontakan Gerakan 30 September 1965, makna Pancasila dari berbagai aspek. Pancasila dilihat dari segi historis bahwa Pancasila itu disusun sedemikian rupa dengan proses menggalinya dari budaya bangsa, perilaku kehidupan di masyarakat, melalui berbagai macam tantangan yang telah dihadapi bangsa Indonesia.

Selain aspek historis, terdapat juga aspek kultural bahwa Pancasila adalah budaya bangsa yang terdiri dari berbagai etnis dan agama. Serta dilihat dari aspek yuridis, Pancasila adalah dasar negara yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Secara filosofi, Pancasila itu nilai-nilai dalam berbagai bidang digali dari potensi bangsa, alam, dan cita-cita bangsa Indonesia. 

Diharapkan  ASN di Kementerian Hukum dan HAM itu benar-benar melaksanakan Pancasila dan diimplementasikan kode etik serta kode perilaku ASN.

dokpri
dokpri

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan