Mohon tunggu...
Rustina M Noveny
Rustina M Noveny Mohon Tunggu... Tutor - SI East Kutai East Borneo

Menulis untuk segala sesuatu yang menari-menari dan berkecamuk di pikiran, menulis menenangkan jiwa...

Selanjutnya

Tutup

Diary

Laki-Laki

25 Maret 2021   15:33 Diperbarui: 25 Maret 2021   17:37 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulisan ini dari blog saya yang lama banget tidak pernah dilanjutkan karena lupa password :), tulisan tahun 2008 yang saya coba tuliskan kembali menjadi catatan dan kenangan hidup :)

LAKI-LAKI
Makhluk yang punya tubuh, jiwa, roh, segambar dan serupa dengan pencipta-Nya langsung dicreate dari debu tanah dan dihembuskan nafas hidup ke lubang hidungnya oleh YANG PUNYA HIDUP.
Dialah laki-laki alias ADAM. Ha..ha..ha..mengapa sampai terlintas dalam benak ini untuk menguraikan keberadaan mereka melalui sudut pandang dari seorang wanita like me?  Tidak patut dipertanyakan sebenarnya mengenai 'mengapa sampai terlintas pemikiran ini.'  Walaupun...bagaimanapun...oleh karena, aku terbentuk atas pertemuan dari sel pria dan sel wanita, paling tidak sekarang aku juga mengalami fase yang dilewati dari zaman ADAM sampai zaman aku hidup saat ini.


LAKI-LAKI punya andil buat diriku di antaranya:
My Pa/Bapeng (Alm), beliau adalah seorang yang sangat berpengaruh dalam kehidupanku. Bukan karena beliau yang telah menyumbangkan sperma sehingga tangan TUHAN merajut lebih dalam lagi aku dalam kandungan My Ma, tapi karena beliau adalah orang yang tepat diberikan Allah sebagai orang tuaku yang kupanggil BAPA. Masih ingat cerita orang, keluarga mengenai kelahiran diriku yang mungkin unik dibandingkan dengan kebanyakan orang yang ada di dunia. Lahir di sebuah pesawat maskapai perintisan tempat BAPA bekerja, diharuskan dibawa ke kota karena tanda-tanda kelahiran prematur. Saking semangatnya sampai BAPA lupa bila dari kerjaan hanya memakai sandal jepit, dan jebolah pertahanan My Ma dan lahirlah di atas kota Pupuk dan Gas di East Kalimantan...itulah aku. BAPA gembira, senang, bangga dan sekaligus takut melihat keadaan yang belum sempurna sehingga harus bertahan 2 bulan di inkubator.  Tapi BAPA sangat bangga menamakan anaknya ini, sampai kepada setiap orang dia memperkenalkan bagaimana proses kelahiran yang lain daripada lain.  Waktu berjalan demi waktu, hal yang dirasakan sekeluarga adalah ketika BAPA harus divonis DOKTER mengalami gagal ginjal, seakan dunia runtuh mendengarnya, cuci darah mulai 2x - 3x dalam seminggu, BAPA harus jalani dan ini membuat suasana keluarga tidak seperti dulu..harus dioperasi kepala sampai akhirnya mengalami bed rest yang berkepanjang (6.5 bulan) di salah satu RS swasta di EAST KALIMANTAN sampai akhirnya RIP pada 16 Maret 2006. BAPA...BAPENG...FATHER...AMBAH...apapun bentuk panggilanku pada dirimu, semangat, keteguhan hati dan semua yang pernah kau ajarkan akan menjadi penyemangat dalam hidupku, sampai bertemu lagi laki-laki hebatku :)


My Bruder, 2 tahun lebih muda usianya dari aku...jauh tinggi dia dalam postur tubuh, jauh lebih kuat dari segi fisik. Sama-sama lahir prematur (kami 3 bersaudara semua mengalami kelahiran prematur). Layaknya saudara, ada suka dan duka yang dilewati bersama, apalagi dengan usia yang tidak jauh ini...aku dan lit bruder, acapkali seperti anak kembar saja waktu kecil. Bagaimana tidak bila potongan rambutku dari kecil selalu "cepak" layaknya anak laki-laki, tapi tetap diberi mainan boneka oleh orangtua dan sama2 menyenangi buku. My Bruder, seorang yang jujur, pekerja keras dan pantang menyerah dalam segala hal, orang yang sangat solider dan sangat mencintai HUTAN INDONESIA.

HOLLY BEAR, seorang yang pernah mengisi hatiku sekian lama dalam masa remaja dan pertumbuhanku menuju 1/2 seorang wanita dewasa.  Lho kok bisa segitunya? Aku menjulukinya Holly  Bear karena dia putih (seingatku jaman remaja itu hahahaha) dan cukup cute juga sehingga daya magnet dan TP-nya terhadap para remaja putri di sekelilingku membuat aku akhirnya kepincut dengan orang yang satu ini (hahahhaa, membuat pengakuan) bukan, bukan ini saja, dari masa remajaku dulu bisa dikatakan dia my type. Sampai-sampai aku berlangganan banyak majalah remaja untuk mengasah perasaan girly yang ada pada diriku, ANEKA YESS, ANITA, KAWANKU menjadi santapanku pada saat itu, dan untuk pertama kalinya aku mengungkapkan perasaan kepada seorang laki-laki (ampun deh saat itu). "Ndak tau malu, agresif, pecicilan"...mungkin itu yang terlintas waktu Holly Bear membaca surat pernyataan cintaku astaga astaga ha...ha..ha..ha..aku ndak mau sakit jantung dan akhirnya HEART ATTACK menyimpan hal ini dan membuat jerawat bermunculan di mana-mana (konyol...konyol banget ya...hahahahaha), yang akhirnya dengan sebuah surat balasan berlogokan sebuah Asuransi, dia MENOLAK ya secara halus dalam penulisan surat itu, bagian terakhir aku masih ingat, "bila jodoh pasti akan bertemu lagi..." Menangis? Sedih...? Ndak, justru merasa lega karena aku berani melakukan hal yang masih kurang elok pada saat itu yang mungkin bagi orang yang KOLOT dianggap SANGAT AGRESIF. Ha...ha...ha..ha..ha..dia sudah beristeri bulan Nopember 2007, ternyata bukan aku :)

KING EGPYT, seorang yang sempat mengisi hatiku (maybe?), karena sempat 3 bulan kami "jalan bareng"...tapi apa nyana akhirnya aku memutuskan dia lewat seputus surat yang mengakibatkan dia broken heart berat...dengar2 dia sudah menikah sekarang (syukur..puji Tuhan). Aku jalan dengan dia dikarenakan dia punya wajah yang hampir mirip dengan Number THree(ups..).  Menyadari kekonyolan dan kemunafikan yang aku jalani, harus PUTUS...hati orang euy jangan dipermainkan, tidak mau hal yang sama kan terjadi dengan kita, pasti hal ini sangat sakit sekali, dia sempat meminta agar aku menikah dengannya di usiaku yang masih 20 tahun kala itu, maafkan aku tidak bisa :( Forgive Me, King Egpyt...

NYONG AMBON MANISE korbang pengungsian....ha..ha..ha..ha...dialah seorang yang meruntuhkan pertahanan yang ada di diriku saat aku hidup sebagai pengembara di bumi ini (dan bersama-sama dia mengembara bersama saat ini...). Sama sekali bukan my type, jauh sekali, hanya bersahabat dan teman satu kuliah (sebelum kerusuhan sudah masuk tingkat 3 perkuliahannya di PTN di Kota Ambon, karena kerusuhan antua sekeluarga mengungsi ke Pulau Jawa), pelayanan, melirik pun ndak pernah karena saat itu aku merasakan betapa 'arogan'nya diriku.  Tapi tiba-tiba seiring waktu tanpa ada kata I LOVE YOU, MAUKAH JADI KEKASIHKU kami berjalan layaknya orang yang dekat sampai menikah pada tanggal unik di 07 Juli 2007 (sama-sama tahu) mungkin ya TTMlah saat itu. Pepatah Jawa : ....tresno,....kulino tampaknya benar adanya, dan itu berlaku buat aku :) Thanks 2 JC, karena memberikan seseorang LAKI-LAKI yang saat ini berpengaruh dalam hidupku, begitu sabar, pendoaku, teman hidupku dan hanya MAUT yang bisa memisahkan kami berdua. Terima kasih papoy...

Tak lebih tak kurang, ada satu pribadi "LAKI-LAKI" yang mengisi hidupku, yang merajut aku dan mengenal aku dari kandungan ibuku, "LAKI-LAKI" itu pula yang aku persilahkan masuk ke dalam hatiku ketika aku berumur 10 tahun, dengan pertanyaan dan permintaan polos seorang anak pada saat itu...

HE IS MY EVERLASTING LOVE

HE IS MY SUNSHINE

HE IS MY GUIDE

SEORANG LAKI-LAKI YANG MEMBUAT AKU TETAP ADA SAMPAI PADA SAAT INI...

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun