Mohon tunggu...
Rusti Dian
Rusti Dian Mohon Tunggu... Freelancer - Mass and Digital Communication Student

Author of Geotimes | Freelance Writer Kumparan | Feminism and Journalism Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Dari Media Konvensional ke Digital, Apa Saja Perbedaannya?

13 September 2020   10:00 Diperbarui: 13 September 2020   10:01 565 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
contoh kemudahan navigasi situs/tangkapan layar laman asumsi.co


Sebagian dari kita tentu sudah pernah merasakan masa dimana koran menjadi sesuatu yang akan kita dapat di pagi hari. Majalah menjadi barang yang akan kita beli selain buku. Mendengarkan radio menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Dan menonton TV menjadi rutinitas setiap hari.

Namun, seiring berjalannya waktu, kegiatan-kegiatan tersebut mulai jarang kita temui. Semakin mudahnya mengakses informasi lewat platform digital membuat semuanya menjadi serba praktis. Maka dari itu, perkembangan media konvensional ke media digital akan berdampak pada beberapa perubahan atau pembaruan.

Misalnya saja terkait proximity (kedekatan) yang sekarang sudah tidak terbatas pada geografis tertentu saja. Proximity bisa berarti profesi dan minat seseorang. Jika kaitannya dengan media digital, informasi dapat diperbarui, ditambahkan, bahkan dihapus. Hal tersebut akan memengaruhi audiens yang ingin membaca informasi. Inilah yang disebut dengan interaktivitas.

Selanjutnya yaitu kredibilitas yang dibangun dan dipertahankan. Media online akan menuntut setiap orang agar bisa mempertahankan kredibilitas mereka. Mengingat bahwa di era digital, siapapun bisa menulis apapun. Banyak pula situs web yang mudah memberi akses siapa saja untuk menulis tanpa terikat aturan tertentu.

Carroll menjelaskan dalam bukunya yang berjudul "Writing for Digital Media", ada dua dimensi utama kredibilitas, diantaranya yaitu kepercayaan dan afiliasi komunitas. Kepercayaan berdasar anggapan tentang media yang menyajikan berita akurat, tidak bias, dan lengkap. Sedangkan afiliasi komunitas berarti upaya organisasi berita dalam menyatukan dan memimpin komunitas yang dilayaninya.

Selain itu, ada pula transparansi yang membuat pembaca mampu menanggapi apa yang disampaikan penulis. Hal itu berkaitan dengan memasukkan atau mempertibangkan adanya informasi baru, serta berbagi sumber asli ke dalam tulisan mereka. Ini berkaitan pula dengan akuntabilitas yang mengharuskan organisasi berita untuk menjelaskan kepada pembaca bagaimana mereka beroperasi dan seperti apa pelayanan mereka terhadap kepentingan publik.

Cara Meningkatkan Kredibilitas

Carroll menjelaskan beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pemilik situs atau penulis untuk meningkatkan kredibilitas situs mereka. Bagaimana caranya? Berikut contoh pengaplikasian langsung oleh Asumsi.co, salah satu media online Indonesia.

1. Kemudahan navigasi situs

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan