Mohon tunggu...
Rusti Dian
Rusti Dian Mohon Tunggu... Mass and Digital Communication Student

Pimpinan Redaksi Teras Pers 2019 | Student Pers of Kumparan 2017 | Pimpinan Redaksi Majalah Pesona Kertas 2016 | Political and Journalism Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Digital

Ciri Khas Berita Online Kumparan, Start Up Media Massa Terbaik di Indonesia

7 September 2020   22:33 Diperbarui: 7 September 2020   23:02 333 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ciri Khas Berita Online Kumparan, Start Up Media Massa Terbaik di Indonesia
aaad0ce8104ba04a771e24f542b387b6-kumparan-kukuhkan-diri-sebagai-platform-user-generated-content-terkurasi-kumparan-5f5650a9d541df0b48504502.png

Media pemberitaan di Indonesia ada beragam, mulai dari media cetak, siar, dan online (daring). Terlebih memasuki perkembangan teknologi, komunikasi, dan informasi membuat media online pun semakin menjamur. Sampai saat ini, ada lebih dari 50 media online yang beroperasi di Indonesia.

Dalam Jurnal Dewan Pers tahun 2011, tulisan Karaniya Dharmasaputra sedikit menyinggung tentang Google yang menempatkan Indonesia sebagai negara dengan penggunaan di dunia online terbesar ke 13. Tingkat pertumbuhan media online-nya bisa menyentuh 46%. Terlebih media-media konvensional pun sudah melakukan konvergensi dengan membuat website yang memudahkan orang dalam mengakses informasi.

Perkembangan smartphone memungkinkan setiap orang untuk mengakses informasi dengan mudah, baik lewat media pemberitaan maupun media sosial. Tak jarang pula media-media pemberitaan turut menyebarkan berita yang mereka buat ke media sosial yang dimiliki. Pasalnya, berita yang dibuat oleh jurnalis sekarang tidak hanya berupa tulisan saja. Para jurnalis juga dituntut untuk menghasilkan video, audio, foto, dan infografik.

Dari banyaknya media online yang ada di Indonesia, artikel ini akan menyoroti salah satu media yaitu kumparan. Media tersebut didirikan oleh Hugo Diba. Media massa berbentuk start up ini pernah diklaim terbaik oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia 2014-2019, Rudiantara. Bahkan sampai sejauh ini, kumparan masih eksis dan baik dalam menyajikan berita.

Iswara menuliskan beberapa karakteristik yang membedakan media online dengan media konvergensi dalam bukunya yang berjudul "Media Relation, Konsep Pendekatan dan Praktek". Apa saja karakteristiknya? Dan bagaimana kaitannya dengan kumparan?

1. Aktualitas Informasi

contoh aktualitas informasi
contoh aktualitas informasi

Menyajikan informasi secara aktual dan faktual sudah menjadi tugas utama setiap media. Apapun peristiwa yang sedang terjadi, harus segera dikabarkan ke khalayak luas. Tentunya dengan berpedoman pada 5W+1H (what, why, who, where, when, how).

Namun, seiring berjalannya waktu, media online pun jarang menerapkan rumus tersebut. Pasalnya, mengejar rating dan menciptakan trending topic lebih diutamakan. Maka, banyak kita temui pemberitaan-pemberitaan yang hanya mengandung beberapa rumus saja. Bahkan sangat mungkin terjadi jika media tidak melakukan wawancara terlebih dahulu, hanya sebatas menginformasikan hasil observasi para wartawan.

Aktualitas informasi di kumparan tidak hanya bisa dilihat di aplikasinya saja. Berita-berita kumparan juga sering di-update di media sosial milik mereka seperti Instagram (@kumparancom) dan Twitter (@kumparan).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN