Mohon tunggu...
Rustian Al Ansori
Rustian Al Ansori Mohon Tunggu... ASN

Pernah bekerja di lembaga penyiaran, berdomisili di Sungailiat (Bangka Belitung)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Menumbuhkan Minat Baca Melalui Perpustakaan Desa di Bukit Layang, Bangka

7 Juli 2019   18:10 Diperbarui: 7 Juli 2019   18:17 0 21 4 Mohon Tunggu...
Menumbuhkan Minat Baca Melalui Perpustakaan Desa di Bukit Layang, Bangka
Pembinaan perpustakaan desa Bukit Layang dilakukan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kabupaten Bangka (dokpri)

Menumbuhkan semangat literasi, khususnya minat baca masyarakat yang dilakukan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kabupaten Bangka tidak hanya di kota, namun juga di desa. Kali ini pembinaan perpustakaan desa pekan ini di lakukan di desa Bukit Layang, kecamatan Bakam.

Dokpri
Dokpri
Perpustakaan desa Bukit Layang yang keberadaannya 2 tahun ini butuh dilakukan pembinaan. Gedung perpustakaan yang sederhana, tanpa aliran listrik serta hanya memiliki 1 rak buku yang juga ukurannya tidak begitu besar sehingga ratusan buku sebagian di tempatkan di meja baca. Jarak desa Bukit Layang dari Sungailiat sekitar 20 km, melalui jalan dengan kondisi aspal yang kurang baik.

Dokpri
Dokpri
Tim DKP setibanya di kantor Desa Bukit Layang, langsung diterima Kepala Desa Andri dan sejumlah perangkat desa. Kesempatan itu tim DKP mendengarkan komitmen Kades Andri, yang akan mendukung pengembangan Perpustakaan Desa dengan menyiapkan dana melalui Anggaran Dana Desa (ADD), termasuk diantaranya dalam pemberian honor bagi pengelola  perpustakaan desa. 

Patut disyukuri, Kepala Desanya memiliki perhatian terhadap pengembangan perpustakaan desa. Menanggapi tim DKP agar Kantor Desa Bukit Layang dapat membuat pojok baca di kantor desa, langsung disambut antusian Kepala Desa yang langsung  memerintahkan sekretaris desa untuk menyiapkan rak buku dan koleksi bahan bacaan yang ada di kantor desa. Luar biasa, semangat pak Kades yang masih muda ini.

Kepala Desa Bukit Layang Andri (dokpri)
Kepala Desa Bukit Layang Andri (dokpri)
Semoga saja dapat diikuti dengan meningkatnya minat baca masyarakat dengan mendatangi perpustakaan desa. Sebelum meninggalkan kantor desa, Tim DKP menyerahkan beberapa buku untuk menambah koleksi Perpustakaan Desa Bukit Layang yang diterima langsung Kepala Desa. 

Kondisi perpustakaan desa Bukit Layang (dokpri)
Kondisi perpustakaan desa Bukit Layang (dokpri)
Setelah berada di kantor desa, pembinaan dilanjutkan di Perpustakaan Desa Bukit Layang. Di perpustakaan sudah menunggu tiga pengelola perpustakaan. 

Dilanjutkan dengan memberikan pengarahan terkait dengan tata cara mengklasifikasi buku, yang dilakukan Pustakawan DKP kabupaten Bangka Fitri, juga dibantu pertugas perpustakaan lainnya Yogi dan Eko. Terdapat beberapa buku yang sudah rusak diantaranya disebabkan rayap. Selain mengklasiifikasi buku juga dilakukan pembersih buku yang harus rutin dilakukan sehingga buku tidak lekas rusak.

Pustakawan Fitri menyerahkan bantuan buku yang diterima pengelola perpustakaan desa Bukit Layang (dokpri)
Pustakawan Fitri menyerahkan bantuan buku yang diterima pengelola perpustakaan desa Bukit Layang (dokpri)
Sambutan yang ramah dan penuh persahabatan dari pengurus perustakaan desa Bukit Layang, diakhiri dengan makan siang bersama. Pengelola perpustakaan telah menyiapkan makan siang, tumis daun singkong, sambal terasi dan ikan lempah. 

Enak dan mengenyangkan. Inilah salah satu profil Perpustakaan desa yang ada di kabupaten Bangka yang saat ini terdapat 44 Perpustakaan desa dan 1 perpus kelurahan. Semoga desa-desa yang belum memiliki perpustakaan dapat mendirikannya, dengan dukungan dari pemerintah desa. 

Salam dari pulau Bangka.

Rustian Al Ansori

VIDEO PILIHAN