Mohon tunggu...
Rustian Al Ansori
Rustian Al Ansori Mohon Tunggu... ASN

Pernah bekerja di lembaga penyiaran, berdomisili di Sungailiat (Bangka Belitung)

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan Pilihan

"THR"-nya Pakai QR Saja

22 Mei 2019   16:28 Diperbarui: 22 Mei 2019   17:13 0 26 2 Mohon Tunggu...
"THR"-nya Pakai QR Saja
dokpri/Screen shot dari BCA Mobile

Ada yang mudah, mengapa mesti mencari yang ribet? Perkembangan teknologi telah merubah sitem pelayanan perbankan. Tidak perlu keseringan ke kantor bank dan ATM untuk mendapatkan pelayanan, namun cukup menggunakan smartphone sudah bisa bertransaksi. Demikian pula yang dilakukan PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Menggunakan BCA Mobile dengan salah satu fiturnya yaitu QR sudah bisa bertransaksi.

BCA meluncurkan fitur transfer menggunakan quick response code (QR) ke sesama nasabah BCA melalui aplikasi mobile banking BCA dan SakuKu bertajuk QRku tahun lalu, telah mempermudah dalam pengiriman uang. Fitur yang di-soft launching pada akhir tahun 2018 lalu diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi nasabah BCA.

Kenyamanan itu dapat dirasakan ketika akan mentransfer uang dengan mudah. Khususnya mentransfer untuk keluarga dan orang-orang terdekat utamanya dalam memberikan THR yang sudah menjadi tradisi ketika lebaran. Sekarang bisa menggunakan QR saja.  

Awalnya QRKu belum ditujukan untuk melakukan pembayaran alias QR Payment seperti kebanyakan. BCA memperkenalkan transfer antar rekening BCA tanpa harus mengetik nomor rekening. BCA menyebut lewat fitur QRku yakni mengirim uang ke sesama pengguna BCA akan lebih mudah alias hanya dengan memindai (scan) QR.

"Karena itu untuk yang mau dikirimi THR buka dulu rekening BCA,"  canda saya kepada beberapa  keponakan, yang setiap kali lebaran mendapat jatah THR. 

Ternyata mereka memang generasi milenial yang selalu mengikuti perkembangan teknologi informasi, termasuk dunia perbankan. 

"THR segitu saja pakai QR? " sela seorang keponakan. Ia mempertanyakan karena jumlah THR nya sedikit, kok melalui QR. 

Ada lagi yang lain menimpali," berarti THR kita tahun ini naik. " Disambut  setuju seluruh  keponakan yang lagi berbuka bersama keluarga besar. Begitulah harmoni dalam keluarga, ketika Ramadhan yang semakin menguatkan tali silaturahmi. 

Sebutan THR telah melekat di keluarga Indonesia ketika anak-anak diberikan uang setelah bersalam-salaman saat lebaran. Istilah THR bukan hanya untuk buruh dan karyawan swasta, sekarang PNS juga menerima THR menjelang hari raya Idul Fitri. 

Sementara itu perkembangan QR sekarang telah menjadi bagian dari fitur yang ada di BCA Mobile, sehingga penggunanya dapat memilih berbagai fitur pelayanan sesuai dengan keinginan. 

Seiring perningkatan pelayanan, BCA telah memperkuat layanan QR tersebut agar dapat digunakan untuk alat pembayaran. Untuk SakuKu terutama, sudah bisa digunakan untuk melakukan beberapa pembayaran di merchant yang bekerjasama dengan BCA namun sebelumnya tidak ada fitur pembayaran menggunakan QR dan saat ini sudah dimiliki sesuai dengan harapan yakni setelah masa percobaan dengan Bank Indonesia (BI), BCA menyesuaikan dengan standar BI.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2