Mohon tunggu...
Rustian Al Ansori
Rustian Al Ansori Mohon Tunggu... ASN

Pernah bekerja di lembaga penyiaran, berdomisili di Sungailiat (Bangka Belitung)

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Pers Mitra Pemda, Bupati Bangka Tak Lupa Sapa Wartawan Setiap Pidato

10 Februari 2019   20:08 Diperbarui: 10 Februari 2019   21:47 0 26 5 Mohon Tunggu...
Pers Mitra Pemda, Bupati Bangka Tak Lupa Sapa Wartawan Setiap Pidato
Bupati Bangka Mulkan sedang diwawacara wartawan (dokpri)

Sekitar lima tahun saya bertugas melayani rekan-rekan wartawan, diantaranya setiap hari harus mengirim press release dari Bagian Humas dan Protokol Setda Bangka. Sejak awal Januari 2019 fungsi itu telah dialihkan ke Dinas Kominfo, jadi rutinitas itu telah berkurang. Saya sekarang hanya mengurus urusan keprotokolan.

Ketika di Humas dulu aktifitas sehari-hari tidak lepas dari pers, mulai dari menyampaikan agenda kegiatan, mengatur ketika acara sedang berlangsung, serta menyampaikan press release. 

Bupati Bangka Mulkan yang memulai menjabat sebagai Bupati Bangka priode 2018-2023 selalu ingin keberadaan rekan-rekan wartawan pada setiap acara. Kita selalu menginformasikannya kepada rekan-rekan wartawan, berbagai agenda Bupati, Wakil Bupati dan pejabat tinggi lainnya di lingkungan Pemkab Bangka.

Pers itu mitra Pemerintah Daerah, menurut Bupati Bangka Mulkan yang menilai keberadaannya sangat penting. Setiap kali menyampaikan sambutan, Bupati Bangka Mulkan tidak lupa diantaranya yang sebutnya yakni insan pers, selain pejabat dan para undangan lainnya, seperti berlangsung Jumat (8/2) di desa Saing dalam acara panen Ubi Kasesa.

Bupati mengatakan, keberadaan Pers itu sangat penting, tanpa ada Pers setiap kegiatan yang diselenggarakan Pemkab Bangka tidak akan diketahui masyarakat.

“ Keberadaan Pers itu penting, setiap kegiatan kita tidak ada pers tidak akan ada apa=apanya karena tanpa publikasi sehingga masyarakat tidak mengetahui,” jelasnya.

Jumlah wartawan untuk satu media itu terbatas, sehingga bila ada liputan yang banyak kadang-kadang mereka tidak dapat hadir sehingga andalan para wartawan itu adalah pres release yang dikirimkan bagian Humas. Namun Bupati, akan bertanya mengapa wartawan tidak hadir dalam acara yang dihadirinya. Kita berupaya menyapaikan kepada Bupati, sehingga ia bisa memaklumi.

Pemkab Bangka menilai pers tidak sekedar mitra, tapi juga sebagai bagian dari pilar pembangunan. Keberadaan pers memiliki peran peting dalam pembangunan di kabupaten Bangka. Sejumlah media massa lokal yang menempatkan wartawannya ngepos meliput di lingkungan Pemkab Bangka diantaranya, Bangka Pos, Babel Pos, rakyat Pos, Radar Bangka, Tabloid Laskar Pelangi dan sejumlah media daring lainnya.

Mementum hari pers nasional 2019, Bupati Bangka juga menyampaikan ucapan selamat hari pers nasional, semoga pers semakin meningkatkan perannya terutama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Salam dari pulau Bangka,
Rustian Al Ansori

KONTEN MENARIK LAINNYA
x