Mohon tunggu...
Rustian Al Ansori
Rustian Al Ansori Mohon Tunggu... Administrasi - Menulis kehidupan, Menghidupkan tulisan

Pernah bekerja di lembaga penyiaran, berdomisili di Sungailiat (Bangka Belitung)

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Saya Terduga Plagiat

2 Mei 2018   17:38 Diperbarui: 2 Mei 2018   17:53 616
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : Fot. Radio Kielce

Baru beberapa menit. Sekitar 3 menit saya memposting tulisan hasil liputan upacara bendera hari pendidikan nasional yang berlangsung di halaman kantor Bupati Bangka dengan judul, “ Hardiknas di Bangka, Plt Bupati Bacakan Amanat Menristekdikti “.

Beberapa saat saya bagikan ke media sosial diantaranya FB dan Twiter, ternyata posting itu sudah dihapus dan dinyatakan tulisan saya telah meanggar ketentuan di Kompasiana. Lenyap dari di dinding K. Di percakapan dalam profil saya, saya terima pesan :

Kami menghapus postingan Anda yang berjudul “Hardiknas di Bangka, Plt Bupati Bacakan Amanat Menristekdikti
” karena artikel tersebut melebihi porsi kutipan. Porsi kutipan yang memenuhi syarat Kompasiana seperti ketentuan yang ada pada dunia jurnalistik, yakni 25% kutipan dan 75% tulisan pribadi. Oleh karena itu, harap perhatikan porsi kutipan yang dicantumkan pada postingan Anda.
Terima kasih

Tulisan hardiknas di Bangka yang sempat dimuat K (dok Rustian)
Tulisan hardiknas di Bangka yang sempat dimuat K (dok Rustian)
Pesan seperti ini pernah saya terima sekitar 2 tahun lalu, bahkan sempat akun akan diblokir hanya karena tulisan berita yang saya buat sama dengan salah satu media on line. Namun dengan komunikasi yang baik dengan admin K waktu itu, bisa dimengerti bahwa tulisan berita itu press release dari Humas Pemkab Bangka yang saya kirimkan ke sejumlah media massa. Namun jangan sampai berubah admin yang bertugas, berubah pula kebijakan redaksi. Seperti yang terjadi Rabu (2/5).

Kembali saya ungkapkan bahwa, sehari - hari saya bekerja di Humas Pemkab Bangka. Setiap hari saya mengirim reles ke 18 redaksi media maupun wartawan. Ada beberapa reles yang saya kirim, redaksi mencantumkan sumber berita yang kami buat dan ada pula media yang tidak memuat sumber dari Humas Pemkab Bangka. Bagi kami tidak masalah, yang penting berita yang kami kirimkan bisa disebar luaskan.

Dok. Rustian Al Ansori
Dok. Rustian Al Ansori
Dok. Rustian Al Ansori
Dok. Rustian Al Ansori
Tidak ada maksud lain melalui tulisan ini, hanya untuk meluruskan bahwa saya bukan plagiat. Tulisan berita yang saya kirimkan adalah hasil liputan saya. Selain itu setelah saya tunggu lebih 1 jam tidak ada jawaban dari K, kendati saya sudah klarifikasi.

Rasanya tidak nyaman, sampai ada peringatan apa lagi peringatan itu  akan diblokir lagi seperti 2 tahun yang lalu.  Lebih memprihatinkan hanya gara - gara tulisan berita yang ditulis sendiri, diduga menjadi plagiat.

Kata indah dalam bait pantun

Pantun ditulis dengan penuh arti

Jangan sampai memblokir akun

Hanya karena kekeliruan persepsi

Inilah singkat kata dari saya, salam dari Pulau Bangka

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun