Mohon tunggu...
rusmana channel
rusmana channel Mohon Tunggu... Guru - Proposional / guru
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Hoby main catur ,dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Belajar dan Menulis

31 Agustus 2022   19:24 Diperbarui: 31 Agustus 2022   19:35 114 10 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sebenarnya ide menulis bagi seorang guru banyak sekali. Bisa berasal dari dalam dirinya atau dari orang lain. Bisa juga kisah nyata kegiatannya sehari-hari. Mengajar kita tuangkan,

Saya yakin dengan usah yang lakukan dengan semangat akan membuatkan dari kerja yang proposional dan cerdas .insalloh akan membuahkan hasil yang memuaskan .

Untuk menyusunnya, pastikan bapak/ibu telah menyatukan semua naskah dalam satu file Ms Word. Gabungkan saja dulu semau naskah, untuk mengurutkannya, bisa belakangan. OK.

Jika naskah telah siap dalam satu file Ms Word, pastikan memberikan JUDUL BUKU. Mengapa? Judul akan memandu bapak/ibu untuk mengembangkan, mengurangi atau menambah tulisan. Cakep, jadi naskah kita satukan dalam 1 file beri judul.

Setelah judul buku siap, buatkan PRAKATA, jika memungkinkan siapkan KATA PENGANTAR dari orang lain yang bapak/ibu percayakan. Siapkan pula Sinopsis...PLUS foto ter-KEREN bapak/ibu di bagian TENTANG PENULIS.

Seseorang bertanya kepada sastrawan legentaris Amerika, William Fuelkner tentang "bagaimana caranya menjadi seorang penyair, maka dengan entengnya ia menjawab, bila ingin menjadi penyair menulislah puisi, maka Anda sudah menjadi penyair. Jawaban senada berarti bila ingin menjadi penulis, maka menulislah. Anda telah menjadi penulis, jadi tidak perlu risau dengan yang namanya bakat.

Bagaimana cara menjadikan tulisan itu sebuah buku? tentu tulisan-tulisan yang telah ditulis agar supaya bisa manfaat dan bisa dinikmati semua orang, maka perlu dibagikan kepada khalayak untuk dapat menyebarkan ilmu. Salah satu cara yang mesti dilakukan terhadap tulisan tersebut, terbitkan menjadi buku. Karena buku merupakan kumpulan lembaran-lembaran yang menjadi satu.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menyusun buku secara sistematis adalah;

 Langkah Persiapan

. 1.Satukan terlebih dahulu naskah-naskah yang tercecer dalam satu file Ms Word, untuk dikumpulkan menjadi calon buku yang akan diterbitkan.

2. Abaikan dahulu tentang urutan naskah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan