Mohon tunggu...
Ruslan Andy Chandra
Ruslan Andy Chandra Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sekilas tentang Ruslan Andy Chandra

Salam hormat saya, Ruslan Andy Chandra.. Pernah bekerja di Bali (Pariwisata) Pulau Galang - Kepri (US Refugee Program - JVA-ACNS) Asahan-Sumut (Indonesia-Australia, Bah Bolon Project, Penanggulangan Banjir, Irigasi Teknis dan Training). Mendirikan Yayasan Promo Sijori, tahun 2000 untuk meneruskan promosi Pariwisata Kabupaten Kepri di Singapura dan Malaysia melalui media The Batam dan Bintan Maps. Sebelumnya bekerja pada perusahaan Singapura untuk mempromosikan Batam dan Bintan. Pindah ke Jakarta untuk memperjuangkan dan memberikan masukan masalah TKI/TKW kepada Pemerintah Pusat. Selanjutnya bekerja di DPD RI Senayan sebagai Asisten Anggota dan akhirnya diangkat menjadi Staf Ahli. Berhenti dari DPD RI untuk mengembangkan beberapa inovasi. PERTAMA; Sistem Intergritas Kenderaan dan Alat Pembayaran (SIKAP); KEDUA: Satu Meter untuk Roda Dua - One for Two; KETIGA: Indonesia Berbagi Jalan; KEEMPAT; Riset dan Inovasi Baru yakni Hemat di Salah Satu Mata Anggaran Lembaga Pemerintah sebesar Rp. 250 Miliar/Tahun; KELIMA; Sosialisasi Gerakan 'MATIKAN MOTOR SAAT ANTRI BBM.' Ternyata dengan aksi yang sederhana tersebut, berdampak pada 7 (tujuh) manfaat. https://www.facebook.com/MatikanMotorSaatAntriBBM. Sebagai Penulis Relawan (Netizen) telah banyak menulis di KabarIndonesia dan diangkat menjadi Editor (relawan). Selain itu saya aktif juga di media sosial dan bogger. Sebagai pengurus Yayasan Promo Sijori, kami sangat berterima kasih atas dukungan semua pihak yang membantu kegiatan aktivitas kami yang disalurkan melalui BNI Cabang Gambir, Rekening Nomor: 0264870188 a/n Yayasan Promo Sijori. Tanpa dukungan kita semua tentunya, apapun kegiatan kami akan sia-sia. Namun dengan dukungan kita semua, mudah-mudah Indonesia akan lebih baik dan lebih maju lagi. Salam sukses untuk Netizen Indonesia. @ruslanandy

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Gampong Dayah Nibong Siap Memasuki Era Industri 5.0 Desa Digital

26 Juli 2020   09:29 Diperbarui: 26 Juli 2020   09:36 125 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gampong Dayah Nibong Siap Memasuki Era Industri 5.0 Desa Digital
Tim Smart Gampong sedang mendampingi kader desa Dayah Nibong pada saat proses input data kependudukan ke sistem aplikasi Smart Gampong/Foto TSM


Acek Utara - Perkembangan teknologi informasi yang demikian sangat cepat. Harus diikuti oleh kemampuan sumber daya manusia yang  unggul dan cerdas. Desa bagian yang tidak terpisahkan dari perkembangan teknologi informasi. Sehingga  dengan menjadikan desa digital. Maka potensi desa dapat dibangun dan dikembangkan untuk kemajuan dan kemakmuran desa.

"Gampong Dayah Nibong, Aceh Utara sudah memulainya dengan menjadi salah satu Gampong pengguna Aplikasi Smart Gampong. Dengan demikian  maka Gampong Dayah Nibong sudah siap untuk memasuki era industri 5.0. Dimana peran teknologi dan peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk menciptakan Gampong yang maju dan modern" Demikian disampaikan Ismunazar, SE, MM (24/7). Selaku Insiator dan pengembangan aplikasi Smart Gampong di Indonesia.

Ismunazar menambahkan bahwa, Sosialisasi dan Pelatihan serta penerapan Aplikasi Smart Gampong dilakukan selama 2 hari mulai tanggal 14-15 Juli 2020.


Tim Smart Gampong juga memfasilitasi dan mendampingi Kader Desa Gampong Dayah Nibong melakukan kunjungan verifikasi data ke setiap rumah penduduk untuk mendapatkan informasi langsung  dari kepala keluarga,hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya mendorong partisipasi masyarakat dalam menyukseskan base data Gampong melalui program smart Gampong.

Kader Smart Gampong.. melakukan verifikasi data kk ke setiap rumah penduduk utntuk memastikan kebenaran data tersebut/Foto TSM.
Kader Smart Gampong.. melakukan verifikasi data kk ke setiap rumah penduduk utntuk memastikan kebenaran data tersebut/Foto TSM.
"Pelatihan kali ini menghadirkan Tim IT Smart Gampong dari Kota Medan Sumatera Utara, Abdul Kadir Syamsuir, ST dan Hamdani Nasution, SE serta dibantu oleh Tim Smart Gampong Blang Matangkuli, Mahlil, serta Musliadi yang merupakan tim pelopor Smart Gampong Digital di Aceh Utara yang sudah merasakan manfaat dan kemudahan dari pemakaian Aplikasi Smart Gampong tersebut" pungkas Ismunazar." 

Mengakhiri perbicangannya denga Ruslan Andy Chandta dari Kompasiana, Jakarta. Ismunaza berharap. Semoga dengan penerapan dan pelatihan Smart Gampong akan diikuti oleh Gampong lainnya di Kecamatan Nibong serta desa-desa lainnya di Aceh Utara" ungkapnya.

Menurut pantauan, kegiatan pelatihan Smart Gampong turut dihadiri oleh perwakilan Camat Nibong, Ketua Forum Nibong Tgk.Isnaini, Geuchik Dayah Nibong Tgk. Razami, Keurani Hamdani Mahmud, SE, dan Tuha Peut Dayah Nibong serta masyarakat sekitar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Teknologi Selengkapnya
Lihat Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan