Mohon tunggu...
Rusdi Mustapa
Rusdi Mustapa Mohon Tunggu... Guru sejarah di MAN 1 Surakarta yang menyukai dunia literasi. Aktif sebagai blogger sejak tahun 2003 dengan membuat blog www.history1978.wordpress.com. Menulis adalah sebuah pengembaraan seru yang akan menemukan hal-hal baru. "Menulislah setiap hari dan lihatlah apa yang akan terjadi", itulah keyakinannya untuk selalu menulis.

Guru sejarah di MAN 1 Surakarta yang menyukai dunia literasi. Aktif sebagai blogger sejak tahun 2003 dengan membuat blog www.history1978.wordpress.com. Menulis adalah sebuah pengembaraan seru yang akan menemukan hal-hal baru. "Menulislah setiap hari dan lihatlah apa yang akan terjadi", itulah keyakinannya untuk selalu menulis.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

"SAMISANOV", Inovasi Tiada Henti

19 Maret 2019   14:21 Diperbarui: 19 Maret 2019   15:12 0 0 0 Mohon Tunggu...
"SAMISANOV", Inovasi Tiada Henti
Dokpri

""Bertemanlah dengan orang yang penuh motivasi, maka engkau pun akan ikut termotivasi.." Kira-kira itulah ungkapan yang pernah ku dengar. Entah benar atau tidak, tapi aku bisa mengatakan "100% benar !" 

Ya, berawal dari perkenalan di dunia maya, sebagai sejawat guru sejarah, membuat kami langsung bisa "matching". Oya lupa, sosok luar biasa ini bernama Aries Eka Prasetya, guru sejarah di SMA Negeri 22 Surabaya. Sosok "bonek" yang menurutku betul-betul luar biasa, dengan kreasi dan inovasi pembelajaran sejarah yang dibuat. Pak Aries ( demikian sering dia dipanggil ), memang sosok guru sejarah yang haus dengan inovasi. 

Dalam upaya membumikan pelajaran sejarah agar semakin disukai dan selalu dinantikan siswa, dia mencanangkan gerakan moral bernama SAMISANOV (Satu Minggu Satu Inovasi). Dengan SAMISANOV, pak Aries mencoba mengubah image bahwa pelajaran sejarah adalah pelajaran yang membosankan dan tidak menarik. Dia jadi sosok yang selalu "hidup" dengan inovasi-inovasi pembelajaran sejarah baru yang dibuat. Kalau bisa dibilang "ini orang gak ada matinya", ono wae inovasine...

SAMISANOV merupakan gerakan moral yang mengajak guru dan siswa serta masyarakat umum untuk selalu melakukan perubahan dalam inovasi dan kreasi setiap minggunya, dalam usaha menginspirasi orang lain agar termotivasi lebi baik lagi ke depannya. Bagi pak Aries, guru yang baik adalah guru yang mau berinovasi dan guru yang luar biasa adalah yang mampu menginspirasi siswa dan guru lainnya untuk lebih baik ke depannya. 

Dengan slogan " Awali Semua dengan Sentuhan Hati dan Niat Berbagi Untuk Mencerdaskan Anak Negeri", SAMISANOV bermetamorfosis menjadi gerakan yang efeknya sangat terasa, khususnya dalam menghadirkan pembelajaran sejarah yang "anti mainstream". Dari pak Aries, aku belajar satu hal bahwa semua hal harus dimulai dari HATI dan NIAT. Bagaimana mengimplementasikan mimpi dengan sentuhan inovasi yang diawali dengan mengadopsi, beradaptasi, dan berkreasi mencipta inovasi.

Pak Aries (baris ketiga dari kiri) dan penulis (baris kedua dari kiri) saat launching buku (koleksi penulis)
Pak Aries (baris ketiga dari kiri) dan penulis (baris kedua dari kiri) saat launching buku (koleksi penulis)
Dari inovasi-inovasi yang dibuat, banyak prestasi yang diraih. Salah satu yang fenomenal adalah jawara My Teacher My Hero (MTMH) di tahun 2016. MTMH adalah ajang bagi guru-guru seluruh Indonesia untuk menunjukkan kreasi dan inovasi dalam pembelajaran dan pak Aries (berhasil) menunjukkan  pelajaran sejarah adalah pelajaran yang inovatif dan kreatif. Atas prestasi ini, pak aries bisa terbang ke Australia bersama pemenang yang lain.

Gebrakan-gebrakan  SAMISANOV

Fokus dari gerakan SAMISANOV adalah menciptakan inovasi dalam pembelajaran sejarah. Bukan rahasia lagi jika sejarah identik dengan pelajaran yang tidak menarik, membosankan. Inilah tantangan yang harus dikalahkan dengan menciptakan model pembelajaran sejarah yang "BERBEDA". Berbeda dalam hal penyampaian, metode. SAMISANOV banyak membuat inovasi yang membuat pelajaran sejarah menjadi pembelajaran yang selalu dinanti siswa. 

Misalnya, menerapkan pembelajaran sejarah berbasis TIK dengan membuat QR Code ( Barcode ), membuat TTS ( Teka-teki Sejarah), membuat materi sejarah berbasis android, ulangan sejarah online dan lainnya. Tidak lupa juga memperkenalkan model belajar sambil bermain. Siswa di ajak untuk menikmati pelajaran sejarah dengan melakukan aktivitas di luar kelas, misalnya permainan "Ular-ularan", membuat pesawat sejarah, bolapanas samisanov dan masih banyak lainnya. Suasana pelajaran sejarah yang sebelumnya "sunyi", di tangan pak Aries dengan SAMISANOV nya, tampil dalam suasana yang berbeda. Berbagai inovasi yang dibuat bisa dilihat di blognya sejarah22kreatif.blogspot.com/ . 

SAMISANOV melakukan gebrakan lain dengan mengadakan pelatihan daring yang berkisar tentang pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sejarah. Pelatihan dilaksanakan di grup telegaram samisanov dan free. Beberapa pelatihan daring yang telah dilaksanakan oleh SAMISANOV (sepanjang 2018) antara lain :

1. Pelatihan  QR Code ( 12 - 19 Januari 2018)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN