Mohon tunggu...
Rusdi El Umar
Rusdi El Umar Mohon Tunggu... Guru di SMPN 1 Batang-Batang

Sang petualang yang masih terus mencari hakikat kehidupan rusdiumar@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pelantikan Pengurus IGI Sumenep Jawa Timur Berjalan Sukses dan Hikmat

27 September 2020   09:55 Diperbarui: 27 September 2020   10:10 28 2 1 Mohon Tunggu...

Hari ini, Minggu, 27 September 2020, telah terjadi kegiatan Pelantikan Pengusu IGI wilayah Jawa Timur. Kami dari Pengurus IGI Kabupaten Sumenep turut serta dalam pelantikan yang cukup hikmat ini. Pelaksanaan pelantikan kali ini dilakukan secara virtual, serentak, dan lebih dari 170 peserta ikut ambil bagian. Antusiasme pengurus merupakan bagian kesuksesan yang diharapkan.

Jam 07.30, acara pelantikan dumulai dengan pembukaan; membaca basmalah (bagi peserta muslim, dan non-muslim menyesuaikan). Bapak Febry S sebagai moderator atau pembawa acara memimpin jalannya kegiatan pelantikan virtual ini. Dengan segala pengharapan yang baik dan poaitif, berharap dalam kepemimpinan selanjutnya, IGI mampu berkontribusi faktual dalam dunia pendidikan.

dokpri
dokpri
Selanjutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dalam pelaksaannya, seluruh hadirin dimohon berdiri. Lagu kebangsaan ini sebagai bentuk rasa nasionalisme dan patriotisme. Bahwa kemerdekaan yang telah dicapai harus diperjuangkan dengan pengorbanan dan berdarah-darah. Diikuti oleh lagu mars IGI, sebuah harapan bahwa sebagai guru harus mempu memberikan contoh atau tauladan yang baik dan penuh tanggung jawab.

Prosesi pelantikan Pengurus IGI Wilayah Jawa Timur dibacakan oleh Rohani Cahya. Pada prosesi ini disebutkan 16 Kabupaten Kota dan Kabupaten Daerah. Salah satunya adalah Kabupaten Sumenep. IGI mantap untuk berproses menjadi pioner dan penggerak kemajuan pendidikan secara umum, dan pendidikan Sumenep secara khusus. IGI dengan semboyan "Sharing dan Growing Together" merupakan wadah saling memberikan informasi terbaik dalam menjadi abdi negara, khususnya dalam bidang pendidikan.

dokpri
dokpri
Dalam prosesi Pelantikan Pengurus IGI kali ini, juga dibacakan ikrar keguruan; 1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. 2) Menjadi contoh yang baik dalam sikap dan perkataan layaknya guru yang profesional dan bermartabat. 3) Rela meluangkan waktu dan pikiran untuk berkontribusi dalam pendidikan sesuai dengan visi dan misi IGI

Dalam sambutannya, ketua IGI Jawa Timur, Dr. H. Marjuki, M. Pd. menjelaskan bahwa IGI adalah organisasi legal yang disahkan oleh Menkumham tahun 2009. Ketua IGI Jawa Timur juga berharap bahwa Pengurus IGI Kabupaten Kota dan wilayah memberikan sumbangsih yang positif demi kemajuan pendidikan. "Kita adalah Pengurus IGI yang harus memberikan warna pendidikan yang positif," kata H. Marjuki dalam sambutannya.

Di samping itu, Ketua IGI Jawa Timur ini juga menyinggung masalah kemerdekaan dalam belajar. Menurutnya, merdeka belajar adalah kebebasan bagi siswa untuk menentukan cara belajar serta kecenderungan untuk berproses. Begitu juga dengan guru, diberikan kemerdekaan untuk menentukan metode mengajar sesuai dengan kondisi dan situasi daerah masing-masing. Intinya, mencapai kesuksesan dalam membangun kondisi pembelajaran yang berkualitas.

dokpri
dokpri
Dalam PPT yang dishare oleh Ketua IGI Jawa Timur, sempat dicatat bahwa anggota IGI ada tiga macam. 1) Anggota biasa, yaitu seluruh guru yang ada di Indonesia. 2) Anggota luar biasa, yaitu peserta non-guru yang mempunyai perhatian lebih terhadap dunia pendidikan. 3) Anggota kehormatan, yaitu orang luar negeri yang memiliki perhatian khusus terhadap pendidikan Indonesia.

Pelantikan IGI Jawa Timur kali ini sangat hikmat dan sukses. Seluruh peserta mengikuti dengan penuh saksama dan apresiasi yang luar biasa. Tidak ada aral melintang yang menggunggu jalannya prosesi pelantikan. Sukses dan mencapai apa yang kita harapkan.

Terakhir, acara Pelantikan IGI Jawa Timur ini ditutup dengan pembacaan doa. K. Abd Khamid dari Pengurus IGI Jember menjadi pemimpin dalam pembacaan doa. Besar harapan kami, bahwa pelantikan ini menjadi pelecut dan pemecut diri kita sendiri untuk memberikan kontribusi terbaik demi kemajuan pendidikan Indonesai.

"Yang Muda yang Luar Biasa" adalah ungkapan komitmen untuk berbuat yang tebaik. Muda dalam jiwa dan pemikirannya untuk terus berkiprah tanpa batas. Dan luar biasa dalam memberikan sumbangsih untuk Indonesai yang hebat dan bermartabat. Aamiin ya Robb!

Sumenep, 27 September 2020

VIDEO PILIHAN