Ahmad Rury
Ahmad Rury Wiraswasta

Kelahiran Demak, Jawa Tengah. Perenung dan Pembelajar

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Melek Informasi dan Bijak Memilah Aplikasi di "Smartphone"

8 Maret 2018   21:36 Diperbarui: 13 Maret 2018   14:03 511 7 3
Melek Informasi dan Bijak Memilah Aplikasi di "Smartphone"
Ilustrasi: Rockingmama.id

Menjamurnya gadget dari yang low end hingga yang high end beredar di pasaran menyasar berbagai segmen konsumen. Smartphone (telepon pintar) sudah menjadi kebutuhan fardhu bagi masyarakat dari berbagai kalangan. Para brand smartphone pun berlomba untuk selalu mengupdate fitur dan desain telepon besutannya untuk menarik animo konsumen mencicipi produknya.

Fungsi smartphone yang tidak hanya menunjang urusan komunikasi "panggilan suara dan berkirim pesan chat", namun telah berganti sebagai alat yang memudahkan, bahkan menjadi alat pembayaran digital. Tentu saja kita perlu lebih dulu menginstal aplikasi-aplikasi pendukung yang diperlukan, aplikasi internet/mobile banking salah satunya.

Namun memakai smartphone "telepon pintar"  tanpa diimbangi penggunanya yang melek informasi dari perkembangan zaman yang pesat dan kompleks ini "telepon pintar" hanya akan mandek sebagai alat komunikasi dan bersosial media saja. Kebanyakan masyarkat masih belum bisa memanfaatkan fitur dan kecanggihan smartphonennya dengan optimal.

Tidak sekedar alat bersosial media

Smartphone seolah identik dengan fitur sosial media, mungkin ada benarnya karena aplikasi-aplikasi sosmed kerap disematkan sebagai aplikasi bawaan vendor. Semakin pesatnya perkembangan zaman secara random sebagian masyarakat mulai melirik akan layanan-layanan online yang di klaim memudahkan, memangkas waktu, dan menghindari antrean seperti di teller Bank (transaksi tunai atau non tunai) dan di pusat perbelanjaan.

Namun tidak sedikit juga sebagian masyarkat masih belum familiar dengan layanan yang bertujuan memudahkan urusan transaksi tersebut. Setelah ditelisik sebagian besar masyarakat pengguna smartphone masih banyak yang belum  tahu-menahu tentang kecanggihan dan cara memanfaatkan layanan/fitur telepon yang dimilikinya.

Melek informasi dan bijak memilah aplikasi

Melek informasi yang dimaksud disini bagaimana bisa menunjang dalam memanfaatkan fitur smartphone itu sendiri. Termasuk memilah-milah aplikasi yang sekiranya bermanfaat bagi kita. Sebagai contoh; untuk bisa menggunakan layanan e-commerce perbankan nasabah harus datang ke bank terlebih dulu untuk mengaktifkan layanan tersebut, dan setelah itu menginstal aplikasi internet/mobile banking di smartphone. Layanan ini akan sangat membantu memudahkan kita dalam urusan bayar-membayar tagihan rutin bulanan, dan berbelanja dari telepon pintar.

Bagi kalangan bawah seperti saya rasanya tidak mungkin menggunakan credit card sebagai alat pembayaran, untuk menyiasati sebagai penunjang urusan pesan-bayar internet/mobile banking sebagai alternatif pilihan. 

Era dimana online dan pembayaran non tunai sebagai kemudahan, keamanan, juga kenyamanan. Di sini smartphone berperan bukan hanya memudahkan sarana dalam ber-chat ria, namun lebih sebagai alat yang punya andil besar dalam gaya hidup masa kini.

Memesan tiket dan penginapan jauh hari, mengapa tidak? Dalam urusan berpergian seperti traveling misalnya, aplikasi pendukung seperti OTA (online travel agent) rasanya fardhu terinstal di smartphone kita. Namun tidak jarang sebagian orang pemegang smartphone masih gagap saat menghadapi kondisi ini, tidak lain masalahnya karena ketidaktahuan, jika alat yang bernama smartphone itu sebenarnya bisa memecahkan masalah tersebut.

Brand smartphone pun sudah lama menciptakan produk yang bukan hanya spesifik sebagai alat komunikasi saja, tapi sebagai penunjang pekerjaan, bisnis, jualan dan sebagainya. 

Sebuah alat yang sebenarnya punya manfaat besar dalam membantu memudahkan dan memecahkan masalah-masalah tertentu, namun karena ketidaktahuan untuk menggunakan alat itu dengan bijak dan optimal, alhasil alat (smartphone) hanya sebatas sebagai pengantar pesan dan sarana unjuk gigi di medsos bukan plus sebagai alat untuk membantu mencari solusi.

Bagaimanapun melek informasi sangat penting di zaman yang serba online seperti sekarang ini. Bijak dalam memilah dan memasang aplikasi di smartphone akan membantu menunjang produktivitas kita sehari-hari. Ingat ya, kehadirannya (smartphone) sebagai sarana memudahkan bukan malah memenjarakan. 

Ahmad Rury