Mohon tunggu...
Bude Ruri
Bude Ruri Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Hidup bermanfaat lebih beruntung

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Berikut 6 Manfaat Lomba pada Peringatan 17 Agustus

22 Agustus 2022   13:34 Diperbarui: 22 Agustus 2022   13:36 226 19 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Balap sarung melatih kekompakan dan kerja sama dalam tim. Gambar : infoPublik.id

Perayaan Hari Kemerdekaan RI masih berlangsung hingga saat ini, hingar bingar perayaan semakin terasa di kampung-kampung bahkan di tingkat RT banyak yang menyelenggarakan kegiatan tahunan ini. Tak lupa setiap lembaga sekolahpun juga mengadakan kegiatan yang diikuti oleh semua siswa.

Kegiatan ringan dan menarik ini  cukup menjadikan kegiatan refreshing bagi anak-anak. Mereka terlihat  senang dan gembira mengikuti setiap cabang perlombaan.

Misalnya di lembaga saya bermacam-macam perlombaan disajikan, antara lain: memasukkan pensil dalam botol, memindahkan balon, estafet sarung, mengisi air dalam botol juga ada lomba balap karung.

Perlombaan yang dikuti secara individu dan kelompok ini cukup seru. Semangat anak-anak untuk ikut berpartisipasi dalam lomba bisa diacungi jempol. Bahkan sebagian mereka banyak yang mengikuti semua cabang lomba.

"Menang dan kalah itu urusan belakang" tutur Darma, siswa kelas 4 yang mengikuti semua cabang lomba. Dia menyampaikan turut senang diadakannya lomba semacam ini. Karena selama pandemi kurang lebih tiga tahun ini sekolah tidak mengadakan kegiatan apa-apa.

Apa yang disampaikan Darma memang benar, saya yang menjadi ketua panitia lomba juga mengakui selama pandemi ini sekolah vakum. Sejak dilarangnya pembelajaran tatap muka, semua kegiatan perlombaan yang menjadi kegiatan tahunan sekolah ditiadakan. Nyaris semua aktifitas sekolah lumpuh.

Dalam rangka membangkitkan semangat anak-anak sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke 77 maka sekolah mengadakan berbagai macam lomba. Dari berbagai macam lomba yang diselenggarakan banyak manfaat yang bisa ditanamkan kepada siswa, antara lain :

Balap karung dapat melatih siswa berani menerima tantangan. Gambar : kompas.com
Balap karung dapat melatih siswa berani menerima tantangan. Gambar : kompas.com

Pertama, melatih keberanian siswa

Bagi kelas tinggi seperti kelas 4, 5 dan 6 mengikuti ajang lomba yang sifatnya permainan tidak masalah, semua pasti berani apalagi bagi anak laki-laki semua diikuti. Namun, bagi kelas rendah seperti kelas 1, 2 dan 3 ikut lomba harus mempunyai keberanian dan nyali yang tinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan