Mohon tunggu...
DIALOG AKSARA
DIALOG AKSARA Mohon Tunggu... Lainnya - Catatan

Artikel dan Catatan Laporan Kegiatan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

TIM PKM-PM FBS UNM Bersama Ketua RT TPA, Antang Rencanakan Membangun Taman Baca sebagai Ruang Anak-Anak Berliterasi

20 September 2021   03:29 Diperbarui: 20 September 2021   03:35 46 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
TIM PKM-PM FBS UNM Bersama Ketua RT TPA, Antang Rencanakan Membangun Taman Baca sebagai Ruang Anak-Anak Berliterasi
dokumentasi pribadi

Seusai menggelar pameran galeri seni peta fotografi, Sabtu (18/9/21) yang dihadiri oleh sejumalah masyarakat sekitaran TPA, anak-anak bimbingan mitra serta orang tuanya kemudian tim PKM-PM UNM yang diketuai oleh Suryani Magfira bersama dua rekan anggota timnya yakni Ruliana Novita Sapan dan Andi Nurul Fitriyani melakukan bincang ringan seputar program berkelanjutan dari kegiatan pengabdian ini.

"Program pengabdian ini tentunya tidak akan berhenti sampai sini saja. Rencananya, kami dari tim pelaksana akan terus memberikan bahan bacaan secara online kepada anak-anak untuk mendukung kegiatan literasinya secara bertahap hingga membentuk kebiasaan, selanjutnya akan mendampingi mitra membuat podcast sebagai bahan ajar dari hasil karya-karya mereka selama mengikuti pelatihan kemarin." ungkap salah satu tim dengan nada yang begitu lugas.

Ibu Nursinar selaku ketua RT 07, kecamatan Manggala, Tamangapa Raya, Antang tentunya sangat bersyukur karena dengan adanya kegiatan ini, anak-anak bisa menggunakan waktunya untuk belajar, memperkaya wawasan dengan membaca serta semakin terampil dalam menulis. Ia pun mengungkapkan salah satu harapannya agar tim pelaksana dapat membantu dirinya membuat sebuah, area "Taman Baca" untuk digunakan anak-anak meluangkan waktunya membaca dibanding menghabiskan seharian penuh hanya untuk bermain kosong.

"Saran saya, adik-adik dari Mahasiswa UNM ini bisa membantu mengumpulkan buku-buku bacaan walaupun bekas tak apa, untuk digunakan anak-anak di sini membaca. Rencananya saya ingin membuka sebuah Taman Baca agar anak-anak dapat dengan mudah menggali informasi dan memperluas wawasannya dengan demikian, pendidikan mereka akan terjamin dan sukses di masa mendatang." tuturnya penuh harap.

Selain itu, ibu Nursinar pun menyampaikan rasa terima kasihnya atas adanya program pelatihan pengabdian ini. Ia menunjukkan antusiasnya untuk segera membangun "Taman Baca" yang bukan hanya diperuntukkan bagi anak-anak di sekitaran TPA, Antang saja melainkan bersifat umum termasuk tamu-tamu dan siapa saja bisa bebas mengunjungi Taman Baca tersebut, terbuka bagi mereka yang benar-benar ingin belajar.

"Taman baca itu nantinya akan terbuka bagi umum jadi siapapun dan darimana asalnya silakan datang. Apa saja yang bisa kita lakukan untuk diberikan kepada anak-anak, ilmu pendidikan apa saja, penemuan-penemuan baru yang bermanfaat bagi mereka itu sudah luar biasa hebatnya." ungkap wanita yang berusia 44 tahun itu.

Suryani Magfira selaku ketua tim pelaksana pun juga turut merespon dengan bijak dan memberikan atensi yang tinggi agar semuanya tidak hanya sekadar harapan semata saja namun dapat segera diwujudkan karena hal-hal perubahan yang meskipun terbilang sederhana namun tidak ada yang tahu dari tindakan ini dapat mengubah masa depan anak-anak menjadi semangat memperoleh pendidikan dengan berliterasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan