Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Ngopi dulu ☕

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Ada Setir Kiri dan Setir Kanan, Apa Alasannya Negara Menganut Sistem Ini?

3 Juni 2021   11:06 Diperbarui: 3 Juni 2021   11:22 137 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ada Setir Kiri dan Setir Kanan, Apa Alasannya Negara Menganut Sistem Ini?
Mengapa ada setir kiri dan setir kanan? (hipwee.com)

Bagi orang awam di suatu negara, termasuk Indonesia, barangkali tak terbayangkan mengapa ada setir kiri atau setir kanan.

Mereka menyetir kendaraan, ya tinggal menyetir saja. Namun yang jelas, kemudi tidaklah di tengah. Indonesia sudah terbiasa memakai setir kanan sejak dulu dan tidak mengalami perubahan.

Akan tetapi bagi mereka yang memperhatikan film-film Hollywood atau drama Korea terlihat bahwa seseorang menyetir kemudi di sebelah kiri. Atau bagi Anda yang sempat mengunjungi Amerika Serikat atau negara-negara lainnya, jika diperhatikan mereka berbeda dengan Indonesia yang menggunakan setir kanan.

Mengapa ada perbedaan, suatu negara memakai setir kiri atau kanan?

Dari negara-negara yang menganut sistem kanan seperti Indonesia dapat diperhatikan jika gedung-gedung atau bangunan adanya di sebelah kiri jalan dan mobil melaju di jalur kiri. Oleh karenanya kemudi mobil ada di kanan.

Tujuannya adalah agar sang supir dapat melihat kondisi di depan dengan leluasa, tidak hanya terfokus kepada sebelah kiri jalan.

Inggris dan negara-negara persemakmurannya juga memakai kemudi kanan. Negara-negara Inggris ini antara lain Australia, Malaysia. Juga Jepang.

Mengapa demikian?

Hal tersebut dapat dijelaskan, karena pada dulunya Inggris ini berada di bawah kekuasaan Romawi.

Pada kala itu, orang-orang Romawi melakukan aktivitas dengan tangan kanan. Pada waktu mereka naik kuda untuk berperang, mereka memegang kendali kuda dengan tangan kiri. Sedangkan tangan kanannya digunakan untuk memegang senjata.

"Ini kan posisi yang strategis," kata Stephen Lang, kurator di Museum Transportasi Inggris di Warwickshire, menjelaskan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN