Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Kutuliskan lagu ini Kupersembahkan padamu Walau pun tiada indah, syair lagu yang kugubah Kuingatkan kepadamu, akan janjimu padaku

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Dilarang Orba, Kong Ha Hong Muncul Kembali dan Juara Dunia

8 Februari 2020   13:06 Diperbarui: 8 Februari 2020   13:43 617 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dilarang Orba, Kong Ha Hong Muncul Kembali dan Juara Dunia
Ronald Sjarif, pendiri Kong Ha Hong Indonesia (detik.com)


Karena sosoknyalah, kelompok Barongsai Kong Ha Hong disegani dunia. Grup "Lion Dance" pimpinan Wong Pak, alias Ronald Sjarif sudah menjadi juara dunia 5 kali "Tarian Singa" ini.

Setiap jatuh hari raya Imlek, barongsai Kong Ha Hong selalu dinantikan para penonton.

Pada dua pekan menjelang perayaan Imlek 2571 yang pada tahun 2020 ini jatuh pada 25 Januari hingga perayaan Cap Go Meh 15 hari sesudahnya, Grup Barongsai Kong Ha Hong besutan Ronald Sjarif setidaknya sudah dikontrak lima mall besar di Jakarta, selama sebulan penuh.

Tahun ini, saya sudah dua kali menonton Kong Ha Hong Indonesia di mall, yaitu pada Minggu (26/1/2020) dan sepekan kemudian, Minggu (02/02/2020). Di Mall Ciputra, Grogol, Jakarta Barat.

Kong Ha Hong di Ciputra Mall (dokpri)
Kong Ha Hong di Ciputra Mall (dokpri)
Kong Ha Hong juga tampil dalam perayaan Imlek nasional yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan sejumlah petinggi negara lainnya, Kamis (30/1/2020) di Ice, BSD.

Ronald Sjarif pun sibuk menyambangi mall-mall dimana Kong Ha Hong tampil.

"Jelang Imlek hingga Cap Go Meh, kami memang sibuk dimana-mana," kata pria berusia 74 tahun itu.

Kendati tradisi Shi Wu (Barongsai dalam bahasa Mandarin) berasal dari Cina daratan, akan tetapi menurut Sjarif keanggotaan Kong Ha Hong berasal dari keberagaman.

Siapa saja dapat menjadi anggota Grup Kong Ha Hong, dengan tidak memandang suku, agama, ras, atau keturunan.

Sebagai contoh, Sjarif menyebutkan juara dunia yang terakhirnya. Pada Kejuaraan Dunia Barongsai di Guang Xi, Teng Xian, Cina, pada 4-6 Nopember 2019, Kong Ha Hong Indonesia keluar sebagai Juara Dunia.

Barongsai Kong Ha Hong Indonesia dimotori oleh Ricky Syahputra (berperan sebagai kepala), dan Oktavianus (berperan sebagai buntut).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN