Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Ngopi dulu ☕

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Virus Korona Wuhan, Imlek Tidak Meriah Ketimbang Tahun-tahun Lalu

26 Januari 2020   09:39 Diperbarui: 26 Januari 2020   14:08 95 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Virus Korona Wuhan, Imlek Tidak Meriah Ketimbang Tahun-tahun Lalu
Pemerintah Cina membatalkan Pesta Tahun Baru Imlek (medcom.id)

Ada yang istimewa dari kota Wuhan di Cina.

Ini dikarenakan kota itu dituding sebagai biang kerok penyebaran virus yang menggelegar dan menebar ke seluruh penjuru dunia, sudah banyak korban yang jatuh dan meninggal karena virus korona tipe baru tersebut.

Di olahraga bulutangkis, Wuhan yang terletak di propinsi Hubei, Cina Tengah, merupakan langganan tuan rumah penyelenggaraan bulutangkis Kejuaraan Asia. 

Dan dalam jarak yang relatif tidak lama lagi, pada 21 hingga 26 April mendatang bakal digelar perhelatan turnamen yang untuk tahun 2020 ini untuk yang keenam kalinya.

Tahun lalu, PBSI membawa pulang dua medali dari Wuhan. Kedua medali itu adalah masing-masing medali perak dari ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan medali perunggu dari ganda campuran Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta.

Nyaris seluruh warga Cina di propinsi Hubei dan 29 propinsi lainnya, mereka hanya merayakan Tahun Baru Imlek pertama yang jatuh pada Sabtu 25 Januari 2020 (atau 2571) bukan di tempat-tempat keramaian, tapi hanya di rumah saja.

Virus yang menyebar bukan saja di propinsi Hubei, tapi ke 29 propinsi lainnya di negeri Tirai Bambu tersebut.

"Menunggu keputusan dari BWF saja," kata Sekjen PBSI Achmad Budiharto, menjelaskan bagaimana nasib turnamen ini.

Budiharto berharap agar wabah yang menghebohkan dunia itu akan segera habis diberantas sebelum waktu dimulainya turnamen yang merupakan turnamen terakhir dalam kalender BWF yang diperhitungkan dalam pengumpulan poin menuju Olimpiade Tokyo 2020 tersebut.

"Yang penting atlet kita aman," ujar Budi yang belum bisa memastikan kepastian keikutsertaan pemain, Budi tinggal menunggu konfirmasi dari BAC (Konfederasi Badminton Asia) dan dari BWF (Federasi Badminton Dunia).

AFP melaporkan coronavirus yang sekarang heboh itu pada mulanya berasal dari sebuah pasar hewan dan ikan di tengah kota Wuhan. Para pedagang di sana memperdagangkan hewan-hewan yang mengandung virus misterius itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x