Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... profesional

The old home town looks the same As I step down from the train And there to meet me is my Mama and Papa Down the road I look and there runs Mary Hair of gold lips like cherries

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Setelah Liliyana, Lalu Siapa?

30 Januari 2019   00:01 Diperbarui: 30 Januari 2019   08:28 0 0 1 Mohon Tunggu...
Setelah Liliyana, Lalu Siapa?
Liliyana Natsir: sampai jumpa.| IDNTimes

Ajang Indonesia Masters 2019 yang baru saja usai menjadi turnamen terakhir yang diikuti oleh Lilyana Natsir. Laga final BWF Super 500 yang digelar di Istora Senayan Jakarta menjadi laga terakhir bagi Liliyana Natsir. 

Kemenangan memang tidak didapat. Berpasangan dengan Tantowi Ahmad, Liliyana kalah dari ganda Cina, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dengan skor 21-19, 19-21, dan 16-21.

Tapi, saat perpisahan tetap saja terasa istimewa, menandakan bahwa Indonesia sangat kehilangan Butet, panggilan akrab Liliyana Natsir. Butet yang sudah memberikan berbagai gelar dan medali untuk negara ini.

Dalam acara perpisahan sebelum melakoni laga final, Liliyana tak kuasa menahan air matanya, beberapa kali ia mengusap air matanya.

Banyak gelar dan medali yang disumbangkannya untuk negeri, puncaknya adalah merebut medali emas Olimpiade Rio de Janeiro pada tahun 2016. Bersama Tantowi, Butet menundukkan ganda Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying di final dengan 21-14 dan 21-12. Lilyana sendiri mengatakan momen paling berkesan selama hidupnya adalah Olimpiade Rio 2016.

Dari ajang SEA Games, Butet memberikan lima medali emas kategori ganda campuran, ganda putri, dan tim.

Sebagai individu, gelar-gelar yang dicapainya antara lain tiga kali beruntun juara All England tahun 2012, 2013, dan 2014. Dari BWF empat gelar tahun 2005, 2007, 2013, dan 2017.

Yang lain juga pernah dimenangkan antara lain Perancis Terbuka, Denmark Terbuka, Cina Terbuka, Singapura Terbuka, Indonesia Terbuka, Malaysia Terbuka, China Masters, dan Indonesia Masters.

"Agak sulit mencari pemain seperti Liliyana," kata pelatih Richard Mainaky.

Namun demikian, Indonesia mempunyai beberapa nama yang mendekati Liliyana. Richard Mainaky menyebut nama antara lain Gloria Emmanuel Widjaja dan Melati Daeva Oktaviani.

Buat Tantowi, Richard Mainaky telah memilih Winny Oktavina Kandow menggantikan Butet. Pasangan itu akan ditampilkan di ajang seperti All England, Jerman Terbuka, Barcelona Spain Masters dengan target utama Olimpiade Tokyo 2020.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2