Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Kutuliskan lagu ini Kupersembahkan padamu Walau pun tiada indah, syair lagu yang kugubah Kuingatkan kepadamu, akan janjimu padaku

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

"Happy Chinese New Year"

27 Januari 2018   09:28 Diperbarui: 27 Januari 2018   09:55 975 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Happy Chinese New Year"
brilio.net

Xin Nian Kuai Le!

Kata Xin yang berarti baru dan Nian yang berarti tahun. Kalimat dalam Bahasa Mandarin di atas sudah dapat diartikan "Selamat Tahun Baru". Kita mengenal beberapa tahun baru yang salah satunya adalah Tahun Baru Cina yang biasanya kita sebut IMLEK.

Tahun Baru Cina ini dirayakan seluruh komunitas Cina di seluruh dunia, bahkan sekarang ini tidak hanya komunitas Cina yang merayakannya, tetapi hampir semua komunitas dari ras dan golongan lain ikut memperingati semaraknya Tahun Baru Cina tersebut. 

Jatuhnya Tahun Baru Cina dilihat dari penanggalan kalender Lunar yaitu kalender yang digunakan di Cina atau lebih spesifik lagi digunakan oleh etnis kebangsaan Cina. 

Kalender Lunar ini berbeda dengan kalender yang kita gunakan yaitu dalam satu tahun hanya terdapat 354 hari, padahal dalam kalender yang biasanya kita gunakan, dalam satu tahun terdapat 365 hari 5 jam 48 menit dan 45.5 detik. 

Ini berarti kalender lunar lebih singkat 11.5 hari dari kalender yang kita gunakan. Ini berarti perayaan Tahun Baru Cina yang kita rayakan akan jatuh sekitar tanggal 21 Januari - 19 Pebruari. Setiap tahun ditandai dengan salah satu dari simbol binatang yang dianggap sebagai horoskop Cina. Simbol binatang ini dapat berupa tikus, macan, naga, kuda, monyet, ayam, babi, anjing, kambing, kerbau, ular atau kelinci.

Perayaan Tahun Baru Cina ini adalah festival terbesar dan terpanjang (biasanya selama 2 minggu) dari seluruh festival di Cina. Selama perayaan ini, seluruh daerah di Cina mendekorasi tempat-tempat di sekitarnya dengan lampion yang berwarna-warni, bunga atau bendera-bendera cerah bertuliskan ucapan selamat tahun baru. 

Selain itu, persiapan dalam menyambut tahun baru ini mereka awali dengan membersihkan rumah dengan menyapu rumah mereka yang artinya membuang segala ketidakberuntungan. Dalam tradisi Cina, mereka akan mengingatkan pada anak-anak mereka agar bertingkah laku dengan baik.

Malam sebelum Tahun Baru Cina, setiap keluarga akan mengadakan perjamuan untuk keluarga besar dengan makanan-makanan laut (seafood) dan berbagai macam jajanan. Setiap piring makan yang dihidangkan melambangkan keberuntungan.

Pada tengah malam, mereka berpesta kembang api yang diartikan untuk mendapat kemurahan dari Tuhan dan mengusir roh-roh jahat.

Pada hari pertama dalam Tahun Baru Cina, biasanya orang-orang menggunakan pakaian baru sebagai simbol meninggalkan ketidakberuntungan di tahun yang lama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN