Mohon tunggu...
Rudy Subagio
Rudy Subagio Mohon Tunggu... Lainnya - Just ordinary people, photograph and outdoors enthusiast, business and strategy learner..

Hope for the Best...Prepare for the Worst ...and Take what Comes. - anonymous- . . rudy.subagio@gmail.com . . Smada Kediri, m32 ITS, MM48 Unair

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Mobnas Vietnam Melesat, Tantang Tesla di Pasar Global, Bagaimana Kabar Mobnas Indonesia?

24 November 2021   22:18 Diperbarui: 29 November 2021   11:04 1410 12 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penampakan Mobnas Vietnam, Vinfast di gelaran LA Auto Show, Sumber: gearjunkie.com

Ada yang menarik pada gelaran Los Angeles Auto Show yang diselenggarakan di Los Angeles Convention Center, Amerika Serikat pada tanggal 19-28 November 2021. Gelaran ini merupakan salah satu ajang pameran otomotif terbesar di dunia yang menampilkan lebih dari 1000 jenis kendaraan dari berbagai jenis mulai mobil, truk, SUV, kendaraan listrik dan berbagai jenis kendaraan lainnya dengan teknologi terbaru.

Salah satu hal yang menarik pada ajang pameran otomotif ini adalah kehadiran mobil listrik buatan Vietnam pada pameran tersebut. Bukan hanya hadir di pameran namun mobil listrik buatan Vietnam ini langsung dijual dengan sistim pre-order untuk konsumen di Amerika Serikat.

Produsen mobil asal Vietnam, Vinfast, membuka kesempatan pre order dua model SUV sekaligus yakni VF e35 dan e36 pada pameran otomotif di Los Angeles bulan November ini. Ini sekaligus  menandai masuknya mobil Nasional Vietnam ke pasar Amerika Serikat.

Perusahaan mobil Nasional Vietnam ini menargetkan untuk mengirimkan EV (mobil listrik) pertamanya dari Vietnam mulai Desember tahun ini. Vinfast sendiri memiliki kantor di California dan membidik meresmikan 60 showroom di Amerika Serikat pada tahun depan.

Selain itu, Vinfast berencana melakukan penjualannya secara online. Perusahaan ini juga berencana membangun fasilitas manufaktur di Amerika Serikat dan mereka juga berambisi listing di AS sebagai cara mendanai pertumbuhannya.

Selain AS, Vinfast juga membidik pasar Eropa di tahun depan. Dengan demikian secara terang-terangan mereka menantang dominasi Tesla sebagai pembuat mobil listrik nomer satu di dunia.

Mobil buatan Vietnam ini akan hadir dengan skema leasing baterai yang berarti biaya baterai tidak masuk dalam harga akhir. Vinfast menargetkan penjualan mobil listrik sebesar 15 ribu kendaraan.

Kelahiran Mobil Nasional Vietnam, Vinfast, merupakan proses yang super kilat. Sejak didirikan pada tahun 2017 mereka langsung tancap gas dengan menyiapkan fasilitas produksi di Hai Phong, kota pelabuhan dekat Hanoi, di atas lahan 355 hektare, terdiri dari 5 pabrik terintegrasi yang telah mengadopsi teknologi tercanggih saat ini dan memenuhi syarat Industri 4.0.

Dengan perkiraan investasi mencapai US$1,5 miliar, mereka terus mengembangkan kapasitas produksi untuk mencapai target produksi 500.000 unit per tahun pada 2025. Fasilitas ini dirancang dengan melibatkan vendor kelas dunia seperti FFT, EBZ, serta Hirotec, dan dengan lebih dari 1.200 robot yang diproduksi oleh ABB. Teknologi ini akan membantu VinFast terus meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas di semua bidang produksi.

Setahun setelah didirikan, Vinfast langsung memulai debutnya dengan ikut pada ajang pameran otomotif terbesar di dunia Paris Motor Show pada bulan Oktober 2018. Pada ajang tersebut mereka memperkenalkan kelahiran mobil prototype, sedan LUX A2.0 dan SUV LUX SA2.0. Tidak tangggung-tanggung Legenda hidup Manchester United (MU) David Beckham saat itu didapuk jadi duta VinFast untuk memperkenalkan mobil baru ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan